SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai-Nilai Moral dalam Novel Dilan 1990 Karya Pidi Baiq dan Hubungannya dengan Pendidikan Karakter

Ana Masrurotun Najah

Abstrak


Nilai-nilai moral dalam karya sastra, khususnya novel dapat diajarkan kepada siswa di sekolah. Salah satu novel yang sedang diminati oleh kaum remaja dan mengandung nilai moral adalah novel Dilan1990 karya Pidi Baiq. Tokoh dan alur cerita dalam novel tersebut dapat dijadikan contoh dan rujukan pendidikan karakter di sekolah. Pada novel tersebut nilai moral yang ada juga memiliki hubungan dengan pendidikan karakter pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan

(1) nilai-nilai moral dalam novel Dilan1990,

(2) strategi penyampaian nilai-nilai moral dalam novel Dilan1990, dan

(3) hubungan antara nilai-nilai moral dalam novel Dilan1990 dengan pendidikan karakter pada remaja.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dilan1990 karya Pidi Baiq. Data berupa kalimat dan kata-kata yang mengandung nilai moral.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, catat, dan tafsir. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah berupa tahap induksi komparasi, kodefikasi, kategorisasi, tabulasi, pembuatan inferensi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara membaca intensif secara berulang.

Hasil penelitian diuraikan sebagai berikut

(1) nilai-nilai moral dalam novel Dilan1990 memiliki tiga jenis, yaitu berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan diri sendiri, dan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial.  Nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan memiliki empat bentuk yaitu keimanan, bersyukur dan berdoa, ketaatan, dan mengucap salam. Nilai moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri berupa keteguhan, keberanian, dan tanggung jawab atas pendidikan. Nilai moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial meliputi nasihat orang tua, kesantunan, kejujuran, tanggung jawab atas orang lain, kasih sayang kepada orang lain, dan berterima kasih.

(2) Strategi penyampaian nilai-nilai moral dalam novel Dilan1990 meliputi dua bentuk yaitu strategi penyampaian langsung yang terdiri dari narasi dan komentar dan strategi penyampaian tidak langsung meliputi perilaku tokoh dan pemikiran tokoh.

 

(3) Hubungan antara nilai-nilai moral dalam novel Dilan1990 dengan pendidikan karakter siswa SMA meliputi sikap religi, kasih sayang, jujur, bertanggung jawab, dan menghormati.