SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Language Experience Approach terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu, Kabupaten Pamekasan

Ilmiah S. Himmatun

Abstrak


RINGKASAN

Ilmiah S., Himmatun. 2019. ‘Pengaruh Language Experience Approach (LEA) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu, Kabupaten Pamekasan’, Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

Kata Kunci: Language Experience Approach (LEA), kemampuan menulis, teks cerita pendek

Kemampuan berbahasa terbagi menjadi empat. Kemampuan berbahasa tersebut adalah menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Kemampuan berbahasa yang ditekankan dalam literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Data pengunjung perpustakaan di SMP Negeri 1 Pademawu pada tahun 2018 menujukkan jumlah yang cukup banyak. Ada sekitar 4—15 orang setiap harinya berkunjung ke perpustakaan. Hal tersebut menujukkan tingkat ketertarikan siswa dalam membaca cukup tinggi. Dalam kegiatan menulis, khusunya menulis teks cerita pendek yang dilakukan pada kelas IX di SMP Negeri 1 Pademawu dilaksanakan satu semester sekali pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Oleh karena itu, perlu peningkatan kemampuan menulis siswa untuk memberikan wadah dalam menciptakan sebuah karya.  Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur pengaruh Language Experience Approach (LEA) terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek dalam penggambaran tokoh dan penokohan, perangkaian plot atau alur, dan penguraian nilai kehidupan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksperimen one group pretest postest. Populasi penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu. Sampel penelitian kelas IX A sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes dan rubrik penilaian. Data penelitian berupa skor perolehan siswa dalam melakukan pretes dan postes menulis teks cerita pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pretes dan postes terhadap siswa kelas IX A di SMP Negeri 1 Pademawu. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis terhadap skor hasil menulis teks cerita pendek siswa menggunakan SPSS 20. for windows. 

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat simpulan hasil penelitian. Pertama, menjawab hipotesis pertama yang menyatakan penggunaan LEA dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek berpengaruh meningkatkan kemampuan penggambaran tokoh dan penokohan secara positif dan signifikan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu. Kedua, menjawab hipotesis kedua yang menyatakan penggunaan LEA dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek berpengaruh meningkatkan kemampuan perangkaian plot atau alur secara positif dan signifikan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu. Ketiga, menjawab hipotesis ketiga yang menyatakan penggunaan LEA dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek berpengaruh meningkatkan kemampuan penguaraian nilai kehidupan atau amanat secara positif dan signifikan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu. Keempat, menjawab hipotesis umum yang menyatakan penggunaan LEA dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek berpengaruh secara positif dan signifikan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu. Berdasarkan keempat temuan tersebut disimpulkan bahwa Language Experience Approach (LEA) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pademawu.

Saran ditujukan kepada guru bahasa Indonesia dan peneliti lain. Guru bahasa Indonesia disarankan agar menggunakan Language Experience Approach (LEA) dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Penggunaan Language Experience Approach (LEA) terbukti meningkatkan motivasi menulis cerita pendek agar siswa dapat tertarik menciptakan sebuah karya. Peneliti lain disarankan agar menggunakan Language Experience Approach (LEA) sebagai bahan referensi atau rujukan untuk penelitian selanjutnya.