SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Latihan dalam Buku Teks BIPA Tirai Nusantara Indonesian for Advanced Learner

Yuliana Dwi Utari

Abstrak


ABSTRAK

 

Utari, Yuliana Dwi. 2010. Latihan dalam Buku Teks BIPA Tirai Nusantara (Indonesian for Advanced Learner). Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata kunci: latihan, buku teks BIPA, pebelajar asing

 

Buku teks merupakan salah satu media belajar terpenting khususnya dalam pembelajaran BIPA. Seluruh unsur yang terdapat di dalamnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti materi dan latihan, serta unsur kebahasaan dan budaya yang harus tercantum dalam suatu buku teks BIPA.

Penyajian latihan dalam buku teks merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran BIPA. Buku teks Tirai Nusantara (BTTN) sebagai salah satu media dan sumber belajar untuk pebelajar asing tingkat lanjut memiliki keragaman baik dari materi maupun latihan yang disajikan. Karena ditujukan pada pebelajar jenjang lanjut atau advanced, pemilihan materi dan penyajian latihan memiliki kompleksitas tersendiri.

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menjabarkan berbagai jenis dan bentuk latihan, cakupan tujuan pembelajaran pada tiap topik esesmen, cakupan budaya pada tiap topik latihan, serta cakupan keterampilan berbahasa pada buku. Temuan dihasilkan melalui proses klasifikasi data, penghitungan persentase penyajian serta penginterpretasian hasil analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa BTTN memiliki latihan yang cukup beragam walaupun terjadi banyak pengulangan ragam latihan pada tiap unit dalam buku. Selain itu, berdasarkan catatan awal penulis serta tinjauan tiap topik latihan, terdapat pula beberapa tujuan pembelajaran yang belum tersaji sebagai latihan pada setiap topik latihan. Akan tetapi, dari segi kelengkapan aspek keterampilan berbahasa yang disajikan, BTTN memiliki nilai lebih dengan menyajikan beberapa latihan terkait aspek menyimak. Dari segi budaya, BTTN telah memiliki latihanlatihan yang mengandung nilai-nilai budaya Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar ditambahkannya beberapa ragam latihan yang unik, kreatif, dan menyenangkan, dan menambah beberapa tujuan pembelajaran yang belum tersaji. Terlepas dari hal tersebut, BTTN dapat menjadi contoh bagi penulis atau calon penulis buku ajar BIPA melalui kelengkapan aspek budaya dan keterampilan berbahasa yang disajikan. Selain itu, diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menelaah lebih dalam Buku Teks Tirai Nusantara.