SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Acak pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 24 Malang

Rizki Nurrohmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurrohmi, Rizki. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Acak pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 24 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dwi Saksomo, M, Si.

 

Kata kunci: kemampuan menulis, dongeng, gambar berseri acak.

 

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia (BSNP, 2006:231). Salah satu kompetensi dasar kemampuan menulis untuk Sekolah Menengah Pertama adalah menulis dongeng. Pembelajaran menulis dongeng telah dilaksanakan di SMPN 24 Malang, tetapi hasil yang diperoleh belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan, yaitu 65.

Dari kegiatan observasi, diketahui bahwa terdapat permasalahan yang dialami siswa kelas VIIE SMPN 24 Malang dalam menulis dongeng. Permasalahan yang dialami yaitu permasalahan pada hasil dan proses pembelajaran. Dari permasalahan yang ditemukan, peneliti dan guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 24 Malang berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan yang dialami oleh guru dan siswa dengan merencanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian yang dilakukan yaitu dengan memberikan tindakan berupa pembelajaran menulis dongeng dengan menggunakan media gambar berseri acak. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan menulis dongeng siswa kelas VIIE SMP Negeri 24 Malang.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2009 sampai dengan November 2009 di SMPN 24 Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas VIIE SMPN 24 Malang. Data penelitian ini adalah data produk berupa dongeng hasil tulisan siswa dan catatan lapangan proses pembelajaran siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada pembelajaran menulis dongeng dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II dalam aspek isi dan aspek kebahasaan. Kualitas pembelajaran meningkat dalam hal keaktivan, kerja sama, dan keberanian. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri acak dapat meningkatkan kemampuan menulis dongeng siswa kelas VIIE SMPN 24 Malang.

Berdasarkan penelitian peningkatan kemampuan menulis dongeng dengan menggunakan media gambar berseri acak pada siswa kelas VIIE SMPN 24 Malang, disarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan media gambar berseri acak dalam pembelajaran menulis dongeng dan melaksanakan pembelajaran yang memotivasi siswa untuk aktif dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya dengan menggunakan media gambar berseri acak.