SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I GROGOL KEDIRI

Dina Natalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Natalia, Dina, 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Grogol, Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd, (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci : menulis, karangan narasi, Mind Mapping.

 

Kemampuan berbahasa yang harus dikuasai meliputi kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Berdasarkan observasi dalam penelitian ini diketahui pelaksanaan pembelajaran menulis belum maksimal, dikarenakan menulis merupakan kegiatan yang bersifat rekursif, artinya kegiatan menulis harus dilakukan berulang-ulang, diperlukan perbaikan, dan tidak langsung sekali jadi.

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada empat aspek, yakni (1) menentukan topik narasi, (2) menyusun kerangka karangan, (3) mengembangkan kerangka karangan secara kronologis dan (4) pemilihan diksi dalam menulis narasi berdasarkan pengalaman pribadi melalui Mind Mapping.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif untuk pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional. Dari tindakantindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindak yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi dan praktek itu dilakukan. Pemilihan rancangan ini sesuai dengan karakteristik PTK, yaitu permasalahan penelitian yang diangkat untuk dipecahkan bermula dari persoalan pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini meliputi lima hal pokok yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan tindakan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) identifikasi masalah, dan (5) refleksi hasil tindakan.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Grogol, Kediri. Rancangan penelitian dilaksanakan dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dan guru bidang studi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tindakan siklus I dilaksanakan pada tanggal 3 November 2009 dimulai pukul 06.30 dengan alokasi waktu 2 x 40 menit.

Pembelajaran yang dilakukan pada siklus I bertitik tolak pada permasalahan yang ditemukan saat observasi. Pelaksanaan pembelajaran yang dipaparkan meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Tindakan siklus II dilakukan pada tanggal 6 November 2009.Tindakan siklus II dilakukan untuk memperbaiki dan menemukan solusi dari permasalahan yang ditemukan pada siklus I. Tindakan siklus II dilakukan sebagai bentuk pemfokusan bahasa untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Tindakan ini penting untuk lebih mematangkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi setelah diadakan perlakuan dengan metode "Mind Mapping".

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dalam pembelajaran menulis narasi berdasakan pengalaman pribadi dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII SMP Negeri I Grogol Kediri. Pada siklus I, persentase siswa yang memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 12,12% atau 4 siswa dari 33 siswa. Selanjutnya persentase siswa yang memperoleh kualifikasi baik sebesar 51,52% atau 17 siswa dari 33 siswa dan persentase siswa yang memperoleh kualifikasi cukup baik sebesar 12,12% atau 4 siswa dari 33 siswa. Sedangkan siswa yang memperoleh kualifikasi kurang sebesar 21,21% atau 7 siswa dari 33 siswa. Persentase tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan narasi. Hal ini dibuktikan pada siklus II dengan tidak ada lagi persentase pada kualifikasi sangat kurang, kualifikasi kurang dan kualifikasi cukup atau persentasenya 0%. Peningkatan persentase terjadi pada kualifikasi baik, yaitu meningkat menjadi 69,7% atau 23 siswa dari 33 siswa dan siswa yang memperoleh kualifikasi sangat baik sebesar 30,3% atau 10 siswa dari 33 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini telah diperoleh data bahwa penggunaan metode Mind Mapping mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menggunakan metode Mind Mapping dalam pembelajaran menulis narasi atau pembelajaran menulis yang lainnya.

Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran yang lain di samping metode Mind Mapping. Selain itu, penelitian ini juga dapat dikaji lebih mendalam lagi dengan menggunakan kriteria, evaluasi, dan pendekatan yang berbeda mengenai upaya meningkatkan kemampuan menulis narasi. Dengan demikian, hasil penelitian selanjutnya dapat memperkaya pengetahuan mengenai upaya meningkatkan kemampuan menulis narasi.