SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gilir Tutur Antara Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMPN 1 Bungah Gresik

Kartika Dwi Wahzuni

Abstrak


ABSTRAK

Wahzuni, Kartika Dwi. 2017. Gilir Tutur Antara Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMPN 1 Bungah Gresik. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Suparno

Kata kunci: gilir tutur, struktur gilir tutur, fungsi gilir tutur

Guru hendaknya memperhatikan bagaimana memberikan giliran berbicara di kelas, yaitu dengan memberikan kesempatan pada peserta yang menginterupsi, memberikan giliran tanpa diminta, meminta secara pribadi penutur berikutnya (memilih penutur berikutnya), dan meminta pada kelas. Selanjutnya, cara mengambil giliran bicara di kelas dapat dilakukan dengan menerima giliran sebagai tanggapan atas permintaan secara pribadi, mencuri giliran bicara yang sebenarnya diberikan pada orang lain, mengambil alih giliran bicara secara bersama yang ditunjukkan pada umum, mengambil giliran bicara tanpa diminta dan kesempatan yang dimanfaatkan itu memang tersedia, dan mengambil giliran bicara secara pribadi tanpa diminta untuk menunjukkan bahwa dirinya memperhatikannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gilir tutur antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bungah Gresik dengan dua subtujuan yang menyertainya, yaitu mendeskripsikan struktur gilir tutur dan mendeskripsikan fungsi gilir tutur.

Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data pada penelitian ini adalah panduan pengambilan data, panduan pencatatan lapangan, panduan transkripsi, dan panduan analisis data. Data yang diperoleh adalah data verbal dari interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMPN 1 Bungah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik perekaman menggunakan alat bantu rekam berupa Handphone, selain itu peneliti juga menggunakan teknik pencatatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah sesuai dengan panduan analisis data. Peneliti membaca transkripsi dengan cermat, kemudian data tersebut diidentifikasi, klasifikasi, dan kodefikasi sesuai dengan fokus penelitian.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan struktur gilir tutur dan fungsi gilir tutur. Struktur gilir tutur yang ditemukan adalah pertanyaan-jawaban, pernyataan-pertanyaan, perintah-pertanyaan, pertanyaan-tidak ada jawaban, perintah-penolakan, perintah-persetujuan, pertanyaan-pertanyaan, pertanyaan-pernyataan, dan jawaban-penolakan. Dan fungsi gilir tutur yang ditemukan adalah penanda (marker), pengantar (starter), pemancingan (elicitation), pemeriksaan (chek), direktif, informatif, dorongan (prompt), petunjuk (clue), tawaran (bid), penunjukkan (nominasi), pengakuan (acknowledge), jawaban (reply), reaksi, komentar, persetujuan (accept), evaluasi atau penilaian, tekanan diam (silent stress), Pernyataan mengenai pernyataan (metastatement), dan kesimpulan (konkulsi).

ABSTRAK

Wahzuni, Kartika Dwi. 2017. Speech Turn Among a Teacher And Student In The Learning Process of Bahasa Indonesia Of Junior High School 1 Bungah Gresik. Thesis. Department of Indonesian Literature. Faculty of Letters. State University of Malang. Advisors: Prof. Dr. H. Suparno

Keywords: turn taking, structure of turn taking, function of turn taking

Teacher has to pay attention how he gives time to his students to speak such as giving time to students to interrupt, giving their turn to speak without they asked first, choosing the next speaker and asking to the class. Furthermore, the way to take the turn to speak can be done in many ways such as by receiving the turn as a response to personal request, taking over speaking turn of other student, taking over the speaking turn of public, taking speaking turn without being asked and the chance is available, and taking the speaking turn personally to show that they pay attention. This research aims to describe the turn taking among a teacher and students in the learning process of Bahasa Indonesia in 8th grade of SMPN 1 Bungah Gresik with two sub-purposes which are describing structure of turn taking and describing the function of turn taking.

This research used qualitative approach while the kind of this research is descriptive research. The instruments that are used to collect and analyze the data in this research are data collection guide, field recording guide, transcription guide and data analysis guide. The data of this research are verbal data taken from the interaction of teacher and students in the learning process. The data source of the research is spoken words from Bahasa Indonesia teacher and students of 8th grade in SMPN 1 Bungah. Data collection used recording technique using handphone as a voice recorder. In addition, the researcher also used field recording technique. The data analysis was equal with data analysis guide. The researcher read the transcription precisely, after that the data was identified, classified and codified according to research focus.

Based on the result of data analysis, the researcher found structure of turn taking and function of turn taking. The structure of turn taking that was found are question-answer, pronouncements-question, command-question, question-no answer, command-rejection, command-agreement, question-question, question-pronouncement, and answer-rejection. The function of turn taking that was found are marker, starter, elicitation,  checking, directive, informative, prompt, clue, bid, nomination, acknowledge, reply, reaction, comment,  accept, evaluation, silent stress, metastatement and conclusion.