SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi Karya Siswa Kelas X IPA MAN Batu Tahun Pelajaran 2016/2017

Silviatu Suaidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Suaidah, Silviatu. 2017. Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi Karya Siswa Kelas X IPA MAN Batu Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nurchasanah, M.Pd

 

Kata kunci: teks laporan hasil observasi, struktur, kebahasaan

 

Bahasa merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Saat ini, pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Salah satu jenis teks dalam kurikulum 2013 yaitu teks laporan hasil observasi. Teks ini merupakan subbab dalam materi kelas VII SMP/MTs dan kelas X SMA/MA di semester ganjil. Kemunculannya pada dua jenjang pendidikan  yang  berbeda ini membuktikan bahwa teks laporan hasil observasi penting untuk dikuasai.

     Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua fokus penelitian. Pertama, karakteristik struktur teks laporan hasil observasi yang meliputi pernyataan umum, deskripsi, dan penutup/kesimpulan. Kedua, ciri bahasa teks laporan hasil observasi yang meliputi kata konkret, istilah teknis, kalimat definisi, kalimat klasifikasi dan kalimat deskripsi.

     Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Madrasah Aliyah Negeri Batu dipilih sebagai lokasi penelitian. Lokasi dipilih karena MAN Batu menjadi salah satu madrasah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Data penelitian ini berupa struktur dan bahasa teks laporan hasil observasi karya siswa kelas X IPA MAN Batu. Sumber data penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi karya siswa kelas X IPA MAN Batu tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen kunci dan pelengkap. Peneliti menjadi instrument kunci penelitian ini. Instrumen pelengkap berupa tes, pedoman kodifikasi data dan pedoman analisis data. Data dianalisis dengan prosedur (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Dalam menentukan keabsahan temuan, peneliti melakukan diskusi dengan dosen pembimbing dan teman sejawat.

Analisis karakteristik teks laporan hasil observasi karya siswa kelas X IPA menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, struktur teks laporan hasil observasi meliputi pernyataan umum, deskripsi, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan variasi penulisan pernyataan umum berupa; (1) definisi, (2) pengantar/penjelasan umum, (3) penunjuk topik, dan (4) penunjuk topik+klasifikasi. Pada bagian deskripsi, terdapat dua variasi penulisan, yaitu (1) berdasarkan klasifikasi dan (2) berdasarkan fungsi. Pada bagian kesimpulan teks laporan hasil observasi yang bersifat optional terdapat dua variasi penulisan, yaitu (1) paparan manfaat, dan (2) pengulangan informasi penting.

Kedua, dilihat dari ciri bahasa teks laporan hasil observasi terdapat lima kesimpulan meliputi (1) kata konkret merujuk objek yang diindra, (2) istilah teknis memuat kata dalam bidang tertentu, (3) kalimat definisi berciri menjelaskan pengertian dari suatu hal, (4) kalimat klasifikasi berciri mengelompokkan suatu hal berdasarkan kriteria tertentu, dan (5) kalimat deskripsi berciri memaparkan suatu objek berdasarkan fakta sehingga objek tersebut seolah-olah berada di depan mata

Kesimpulan akhir penelitian ini menghasilkan dua saran. Kepada, guru mata pelajaran disarankan untuk memberikan penjelasan lebih dalam mengenai penggunaan kalimat definisi dan kalimat deskripsi yang baik dan benar.Kepada, peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian pada aspek lain yang terkait dengan teks laporan hasil observasi.