SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konjungsi dalam Teks Berita Karya Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Batu Tahun Ajaran 2016/2017

Irma Fudtriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Fudtriani, Irma. 2017. Konjungsi dalam Teks Berita Karya Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryo HS, SH.M.Hum.

 

Kata Kunci: konjungsi, teks berita, SMA Negeri 2 Batu

Konjungsi merupakan kata penghubung yang secara umum berfungsi untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, kalimat dengan kalimat, atau juga bisa paragraf dengan paragraf. Secara umum, konjungsi memiliki bentuk, jenis, dan fungsi. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian tentang bentuk, jenis, dan fungsi konjungsi ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konjungsi dalam teks berita karya siswa khususnya kelas 12 di SMA Negeri 2 Batu yang memfokuskan pada bentuk konjungsi, jenis konjungsi, serta fungsi konjungsi secara mendalam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa konjungsi, sedangkan sumber data berupa teks berita karya siswa kelas XII IPS 1. Teknik pengumpulkan data yang digunakan dalam peneliti ini adalah teknik dokumentasi. Analisis data ada tiga tahap, yakni (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, bentuk konjungsi pada teks berita karya siswa kelas XII IPS 1 terdiri atas dua bentuk, yakni konjungsi berbentuk kata dan konjungsi berbentuk frasa. Konjungsi berbentuk kata ditemukan sebanyak lima puluh dua (52) konjungsi. Sementara konjungsi berbentuk frasa hanya ditemukan sebanyak duabelas (12) konjungsi. Jadi ditemukan sekitar 81,25% konjungsi berbentuk kata dan 18,75% konjungsi berbentuk frasa dari total enam puluh empat (64) konjungsi yang ditemukan. Kedua, jenis konjungsi dalam teks berita dibedakan menjadi dua, yakni (1) konjungsi koordinatif dan (2) konjungsi subordinatif. Ketiga, fungsi konjungsi dibedakan berdasarkan kategori yang ada dalam jenis konjungsi setara (koordinatif) dan tidak setara (subordinatif).

 

Konjungsi dalam teks berita siswa berdasarkan bentuk, jenis, dan fungsi konjungsi banyak ditemukan dalam teks berita siswa tersebut. Siswa mampu menggunakan konjungsi dalam teks berita meskipun masih ada yang kurang tepat dalam penempatan konjungsi. Dalam penggunaan bentuk konjungsi siswa lebih menggunakan bentuk kata daripada bentuk frasa. Jenis dan fungsi konjungsi dalam teks berita siswa lebih sering ditemukan konjungsi subordinatif daripada konjungsi koordinatif.