SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

JENIS DAN FUNGSI PIRANTI KONJUNGSI DALAM NOVEL

Dhimas Gagah Bimantara

Abstrak


ABSTRAK

 

Bimantara, Dhimas Gagah. 2017. Jenis dan Fungsi Piranti Konjungsi dalam Novel. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: Dr. Martutik, M.Pd.

 

Kata Kunci: jenis konjungsi, fungsi konjungsi, novel

Konjungsi merupakan kata penghubung yang secara umum berfungsi untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, kalimat dengan kalimat, atau bisa juga paragraf dengan paragraf. Secara umum, konjungsi memiliki jenis dan juga fungsi. Berkaitan dengan hal itulah penelitian tentang jenis dan fungsi konjungsi ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan konjungsi dalam novel Simple Miracle karya Ayu Utami yang memfokuskan pada jenis konjungsi dan fungsi konjungsi secara mendalam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiananalisis wacana. Data dalam penelitian ini berupa wacanadan sumber data berupa novel Simple Miracle karya Ayu Utami. Teknik pengumpulan data dengan baca dan catat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Analisis data ada tiga tahap, yakni (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan data seperti berikut. Pertama, jenis konjungsi pada novel Simple Miracle karya Ayu Utami dibedakan menjadi dua, yaitu jenis konjungsi koordinatif dan jenis konjungsi subordinatif. Kedua, Penggunaan konjungsi koordinatif lebih banyak dibandingkan dengan konjungsi subordinatif, akan tetapi bentuk dari konjungsi subordinatif lebih bervariasi dibanding konjungsi jenis koordinatif.Ketiga, penggunaan konjungsi intrakalimat lebih banyak dibandingkan konjungsi  antarkalimat dan konjungsi koordinatif mendominasi penggunaan konjungsi intrakalimat.Keempat, Fungsi konjungsi dalam novel Simple Miracle karya Ayu Utami ditemukan ada enam belas fungsi, yaitu menambahinformasi, memilih informasi, mempertentangkan antarinformasi, meralat informasi, menguatkan informasi, membatasi suatu informasi, mengurutkan suatu infromasi, menyamakan informasi, menyimpulkan informasi, penyebab informasi, syarat informasi, tujuan informasi, menyungguhkan informasi, menyatakan waktu informasi, akibat dari informasi, membandingkan informasi. Kelima, banyakditemukannya fungsi konjungsi berkategori penjumlahan, pengurutan, dan kesewaktuan.

 

Selain temuan data di atas, peneliti juga menemukan data yang berbeda dalam penggunaan dan kedudukan konjungsi. Terdapatbeberapapirantikonjungsi yang carapendistribusiannyatidakbenaratautidaksesuaidenganaturantatabahasatulis yaitu, dan, atau, hanya, dan sedangkan.