SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN PENANDA KOHESI DALAM TEKS PIDATO KARYA SISWA KELAS IX MTs NEGERI BATU

feni fenulya sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, FeniFenulya.2017. PenggunaanPenandaKohesidalamTeksPidatoKaryaSiswaKelas IX MTs NegeriBatu.Skripsi. Program StudiPendidikanBahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, JurusanSastra Indonesia, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Drs. PideksoAdi, M.Pd.

 

Kata Kunci: penandakohesi, tekspidato.

Penggunaanbahasadalammenulisnaskahpidatomerupakanhal yang perludiperhatikan. Luasnyapembendaharaan kata olehsiswa SMP dalammenuangkangagasanberupawacanatulisdibutuhkanadanyapemahaman yang cukupterhadapunsur-unsur yang membuat kata ataukalimattersebutpadu. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaankohesigramatikaldanleksikal yang adadalamtekspidatokaryasiswa, untukdiketahuikepaduanpenggunaannya. Jenjang yang dipilihuntukpenelitian, yaknikelas IX. Teks yang ditelitiadalahtekspidato. Penelitianinidifokuskanpada (1) penandakohesigramatikal, (2) penandakohesileksikal. Pendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif. Teknik yang digunakanadalahstudidokumentasi.

Data penelitianiniberwujudpenandakohesigramatikaldanleksikal yang adadalamtekspidatokaryasiswa. Sumber data berupatekspidatosiswakelas IX MTs NegeriBatu. Langkah-langkahpengumpulan data meliputi (1) menyusunpedomantelaahteksberupatabel, (2) memasukkanhasilidentifikasipenggunaanpenandakohesi, (3) menerapkaninstrumendengancaramengutipbagian yang dimaksuduntukdimasukkandalamtabelanalisis, dan (4) memberikodepadateks yang dikumpulkan. Teknikanalisis data padapenelitianiniterdiriatas (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikankesimpulan. Pengecekankeabsahantemuandilakukandenganpemeriksaantemansejawatdantriangulasiahli. Triangulasiahlidilakukandengandosenpembimbinguntukmengurangikesalahandalampengumpulan data.

Berdasarkananalisis data diperolehhasilpenelitianberikut.Pertama, penandagramatikal yang ditemukanadalahgramatikalreferensi, substitusi,dankonjungsi.Penandareferensidikelompokkanmenjadireferensi personal, demonstrativa,dankomparatif.Penandareferensi yang banyakditemukanadalahreferensi personal.Penandasubstitusi yang ditemukanadalahsubstitusi verbal.Penandakonjungsi yang banyakditemukanadalahkonjungsipenambahan.Kedua, unsurpenandakohesileksikal yang ditemukanadalahpenandakohesileksikalpengulangan (repetisi) dankolokasi.Penandaleksikalpengulangan yang paling banyakditemukandalamtekspidatoadalahpengulanganpenuh.Penandakohesikolokasitidakterlalubanyakditemukan.Berdasarkantemuanpenelitian yang telahdipaparkan, dapatdisimpulkan, yaknipenandakohesigramatikal ellipsis tidakditemukandalamtekspidato.Penandakohesileksikalpengulangandikelompokkanlagimenjadipengulanganpenuhdanpengulangansebagian.Penandakohesileksikal yang banyakdigunakanadalahpengulanganpenuh.Pengulangansebagianhanyaterdapatbeberapasaja.Penandakohesileksikalkolokasijugabanyakdigunakandalamtekspidato.

 

Penelitimemberikan saran pada guru matapelajaranBahasa Indonesia danpenelitiselanjutnya.Guru perlumemberikanpemantapanmateripenandakohesigramatikaldanleksikal. Kekurangansiswadalampemahamankohesigramatikalterletakpadapenempatankonjungsi.Padapenandakohesileksikalkekurangansiswaterletakpadapenggunaankolokasi.Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyabanyakmembacasumberrujukan, terutamarujukanterkaitdenganpenandakohesigramatikaldanleksikal.Berdasarkanpenelitianpenandakohesitersebut, dapatdilakukanpenelitian lain yang mendekati, yaknikesalahanpenempatankonjungsiantarkalimatdanintrakalimatjugaketidakmunculan ellipsis.