SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai Religius dan Nilai Sosial dalam Teks Fabel karya Siswa SMP Negeri 1 Sutojayan

Kartika Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Kartika. 2017. Nilai Religius dan Nilai Sosial dalam Teks Fabel Karya Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Sutojayan. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

Dr. Siti Cholisotul Hamidah, M.Pd.

 

Kata Kunci: nilai religius, nilai sosial, teks fabel

Nilai religius  merupakan nilai yang melekat pada manusia sejak lahir. Nilai religius merupakan nilai yang berkaitan dengan kepecayaan, agama, dan amalan. Nilai tersebut  merupakan salah satu dari nilai karakter yang diterapkan di beberapa sekolah. Nilai sosial merupakan nilai yang mengatur hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok satu dengan kelompok yang lain. Nilai sosial merupakan nilai yang harus dimiliki oleh setiap manusia karena manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Nilai sosial terdiri atas nilai toleransi, nilai empati, nilai bersahabat, nilai peduli sosial, dan nilai peduli lingkungan.Teks fabel adalah teks yang diajarkan pada  bangku sekolah menengah pertama. Namun sering kali teks fabel menjadi bahan bacaan bagi anak-anak jenjang taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Teks fabel merupakan teks yang di dalamnya mengandung cerita moral dan menggunakan tokoh binatang dalam ceritanya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui nilai religius dan nilai sosial yang terdapat pada teks fabel karya siswa. Selain itu juga untuk mengetahui strategi penyampaian yang digunakan siswa untuk  menyampaikan nilai religius dan nilai sosial dalam teks fabel.

Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks fabel karya siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sutojayan. Data dalam penelitian ini berupa kutipan dari teks fabel karya siswa yang mengandung nilai religius dan nilai sosial serta kutipan yang menunjukan strategi yang digunakan dalam menyampampaikan nilai religius dan nilai sosial beserta hasil analisis peneliti.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama, nilai religius yang terdapat pada teks fabel karya siswa terkait dengan aspek keimanan yang terdiri atas kepercayaan kepada Tuhan, kepercayaan kepada nabi, dan kepercayaan kepada takdir. Aspek yang kedua adalah aspek Islam yang terdiri atas salah satu rukun Islam yaitu puasa. Aspek yang ketiga adalah nilai religius terkait dengan ihsan yang terdiri atas contoh tindakan melakukan larangan. Aspek yang keempat adalah nilai religius terkait dengan ilmu yang terdiri atas pengetahuan tentang ajaran-ajaran agama dan pelaksanaan ajaran agama. Aspek yang kelima adalah nilai religius terkait aspek amalan berupa menolong sesama dan bekerja keras.

Kedua, strategi yang digunakan untuk menyampaikan nilai sosial pada teks fabel karya siswa adalah dengan menggunakan unsur intrinsik yang terdiri atas watak atau penokohan dan seting dalam cerita teks fabel karya siswa.  Selain unsur intrinsik,  nilai religius juga disampaikan dengan menggunakan diksi yang berkaitan dengan agama.

Ketiga, nilai sosial yang terdapat pada teks fabel karya siswa adalah berupa nilai bersahabat atau komunikatif, nilai empati, nilai peduli sosial, dan nilai toleransi, dan peduli lingkungan. Nilai bersahabat yaitu aspek yang menggambarkan keakraban dan kebersamaan. Nilai empati yaitu aspek yang menceritakan tentang memiliki perasaan yang sama dengan orang lain. Nilai peduli sosial yaitu aspek mengenai kepedulian terhadap sesama. Nilai toleransi yaitu aspek menghormati atas perbedaan. Nilai peduli lingkungan yaitu aspek yang terkait dengan kepedulian terhadap tanaman, alam, hewan, dll.

 

Keempat, strategi penyampaian yang digunakan untuk menyampaikan nilai sosial pada teks fabel karya siswa adalah menggunakan unsur  intrinsik yang terdiri atas penokohan dan seting. Selain unsur intrinsik diksi juga digunakan untuk menyampaikan nilai sosial.