SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kualitas Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 9 Malang

Megasari Budi Astri

Abstrak


ABSTRAK

 

Astri, Megasari Budi. 2017.Kualitas Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VII SMPN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd.

 

Kata kunci: kualitas teks, teks laporan hasil observasi

 

Teks laporan merupakan salah satu wacana tulis yang bertujuan menyampaikan informasi secara objektif dari sebuah pengamatan. Keraf (2001:284) menyatakan bahwa laporan adalah suatu cara komunikasi dimana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 9 Malang berdasarkan (1) kualitas isi, (2) kualitas bahasa, (3) kualitas penyajian/organisasi teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan disusun dengan rancangan penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 9 Malang. Proses pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik tes menulis. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah menugasi siswa untuk menulis laporan hasil observasi. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan sementara, dan pengecekan keabsahan temuan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini dilakukan teknik ketekunan atau keajegan pengamatan dan pemeriksaan melalui diskusi teman sejawat.

Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama, kualitas isi. Kualitas isi berdasarkan aspek kesesuaian isi dengan judul, kelengkapan, dan keakuratan ditemukan 97% teks dikategorikan baik dan 3% dikategorikan kurang baik. Kedua, kualitas bahasa. Kualitas bahasa yang ditemukan berdasarkan  aspek penggunaan kalimat dan penggunaan pilihan kata, ditemukan 70% teks yang dikategorikan baik, 23% dikategorikan kurang baik, dan 7% dikategorikan tidak baik. Namun, kualitas bahasa berdasarkan penggunaan ejaan dan tanda baca ditemukan 26% teks dikategorikan baik, 55% dikategorikan kurang baik, dan 17% dikategorikan tidak baik. Ketiga, kualitas penyajian/organisasi. Kualitas penyajian/organisasi berdasarkan kelengkapan dan keruntutan ditemukan 83% teks dikategorikan baik dan 17% dikategorikan kurang baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Pertama, disarankan kepada guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 9 Malang untuk melatih keterampilan menulis siswa dengan memperhatikan kualitas isi. Kedua, disarankan juga kepada guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 9 Malang untuk melatih keterampilan menulis siswa dengan memperhatikan kualitas bahasa. Ketiga, disarankan juga kepada guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 9 Malang untuk melatih keterampilan menulis siswa dengan memperhatikan kualitas penyajian/organisasi.