SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Penulisan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 4 Malang

Nurma Laili Indifita

Abstrak


ABSTRAK

 

Indifita, Nurma Laili. 2017. Kesalahan Penulisan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Kata kunci: teks deskripsi, aspek kebahasaan, keterampilan menulis.

 Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang dilakukan dengan menuangkan ide dalam sebuah tulisan atau karya dengan memperhatikan aturan tertentu dan kaidah bahasa yang baik dan benar. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII berdasarkan Kurikulum 2013 adalah teks deskripsi. Teks deskripsi merupakan teks yang menggambarkan atau mendeskripsikan suatu objek secara terperinci dan melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis. Sebuah teks deskripsi dapat dipahami ketika teks sudah logis dan terstruktur dengan baik dan benar, misalnya sudah tepatnya penulisan judul, penulisan identifikasi, penulisan deskripsi, dan penulisan penutup. Analisis kesalahan penulisan teks deskripsi bertujuan untuk mengidentifikasi hasil karya tulis siswa yang berupa teks deskripsi.

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 4 Malang yang meliputi kesalahan penulisan judul, penulisan identifikasi, penulisan deskripsi, dan penulisan penutup dari segi isi dan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain analisis dokumen. Intrumen utama pada penelitian ini adalah diri sendiri sedangkan intrumen pendukung adalah tabel kodifikasi data, tabel panduan analisis data, dan tabel sajian data. Data penelitian ini berupa kesalahan penulisan judul, penulisan identifikasi, penulisan deskripsi, dan penulisan penutup dari segi isi dan bahasa. Sumber data penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 4 Malang. Proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan lima tahap, yaitu identifikasi data, klasifikasi data, kodifikasi data, interpretasi data, dan penyajian data. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilakukan dengan pengamatan tekun dan konsultasi kepada pembimbing.

 Berdasarkan hasil penelitian telah diperoleh empat hasil penelitian yang meliputi kesalahan penulisan judul, penulisan identifikasi, penulisan deskripsi, dan penulisan penutup dari segi isi dan bahasa. Pertama,  kesalahan penulisan judul dari segi isi,yaitu kesalahan penulisan judul tidak mengungkapkan objek khusus, sedangkan kesalahan penulisan judul dari segi bahasa, yaitu kesalahan penulisan judul tidak menggunakan huruf besar kecil dan kesalahan penulisan judul diakhiri tanda baca. Kedua, kesalahan penulisan identifikasi dari segi isi, yaitu kesalahan penulisan identifikasi karena tidak terdapat informasi umum tentang objek, sedangkan kesalahan penulisan identifikasi dari segi bahasa, yaitu kesalahan penulisan identifikasi karena terdapat kesalahan paragraf dan kalimat, kesalahan penulisan identifikasi karena terdapat kesalahan pilihan kata dan

ejaan. Ketiga, kesalahan penulisan deskripsi dari segi isi, yaitu kesalahan penulisan deskripsi karena tidak terdapat penjelasan sifat objek dan kesalahan penulisan deskripsi karena tidak terdapat kesan tentang objek, sedangkan kesalahan penulisan deskripsi dari segi bahasa, yaitu kesalahan penulisan deskripsi karena terdapat kesalahan paragraf dan kalimat serta kesalahan penulisan deskripsi karena terdapat kesalahan pilihan kata dan ejaan. Keempat, kesalahan penulisan penutup dari segi isi, yaitu kesalahan penulisan penutup karena tidak terdapat simpulan terhadap objek dan kesalahan penutup karena tidak terdapat kesan terhadap hal yang dideskripsikan, sedangkan kesalahan penulisan penutup dari segi bahasa, yaitu kesalahan penulisan penutup karena terdapat kesalahan paragraf dan kalimat serta kesalahan penulisan penutup karena terdapat kesalahan pilihan kata dan ejaan.

Saran yang dikemukakan setelah penelitian ini adalah guru sebaiknya lebih memperhatikan siswa dalam menulis teks deskripsi mengenai struktur dan aspek kebahasaan teks deskripsi. Guru juga harus melakukan perbaikan atau inovasi dalam mengajar dengan cara memberikan tugas menulis teks deskripsi lebih dari satu kali, setelah itu karya siswa ditukarkan dengan teman sebangku untuk dikoreksi mengenai struktur dan aspek kebahasaan teks deskripsi. Selain itu guru sebaiknya juga mengoreksi hasil kerja siswa apakah struktur teks deskripsi dan aspek kebahasaan yang telah dikerjakan sudah benar atau belum. Sehingga siswa mengetahui letak kesalahannya dan lebih mudah memahami tentang menulis teks deskripsi yang meliputi penulisan judul, penulisan identifikasi, penulisan deskripsi, dan penulisan penutup dari segi isi dan bahasa.

ABSTRAK

 

Indifita, Nurma Laili. Description Text Writing Error 2017 Seventh Grade Students of SMPN 4 Malang. Thesis, Department of Indonesian Literature, Faculty of Letters, State University of Malang. Supervisor: Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Keywords: Text description, aspects of language, writing skills.

 Writing skills is one of the skills in the language do with ideas for an articleor work with regard to certain rules and rules of language is good and right. One of the writing skills taught in class VII Indonesian learning based curriculum in 2013 is a text description. Text is the text description that describes an object in detail and describe the condition of the object of the author's perspective. A description text can be understood when the text has a logical and structured properly, for example, have exactly the writing of the title, writing the identification, description writing, and writing cover. So that students can write text with structured and logical, it is necessary to do the analysis of the writing error description text. Description text entry error analysis aims to identify the written works of students in the form of text description.

 This study aims to determine the error description text entry class VII SMPN 4 Malang covering headline writing error, a typing error identification, error description writing, and writing errors cover. This study used a qualitative approach to the design analysis of documents. The main instrument in this study were self-supporting while the instrument is a codification of the data table, the table guide data analysis, and data presentation table. This research data in the form of a typing error in the title, a typing error identification, error description writing, and writing errors cover. The data source of this research is a text description of the seventh grade students of SMPN 4 Malang. This research data collection process using documentation technique. In this study, data analysis was done with five stages, namely the identification of data, data classification, codification of data, data interpretation, and presentation of data. Checking the validity of the findings can be done with diligent observation and consultation to the supervisor.

 Based on the research results have been obtained four research covering headline writing error, a typing error identification, error description writing, and writing errors cover. First, the headline writing errors include errors of writing the title does not reveal specific object, a typing error in the title because the title is not written, error writing the title does not use small caps, a typing error in the title use a dot. Second, a typing error

identification included a typing error in the identification since there is no public information about the object, a typing error identification because there are parts of identification, error identification because it contains errors writing paragraphs and sentences, writing errors because there is an error identification and word choice spelling. Third, the error description writing includes writing a description error because there is no explanation of the nature of the object, writing a description error because there is no impression of the object, a typing error in the description because it contains errors paragraphs and sentences. description writing errors because there is word choice and

spelling errors. Fourth, writing errors include errors of writing cover cover because there is no conclusion to the object, fault cover because there is no impression of the case described, the cover writing errors because it contains errors paragraphs and sentences, writing errors because there is an error closing word choice, and spelling.

Suggestions were put forward after the study, there are two aimed at students and teachers. First,students should pay more attention to structural and linguistic aspects of the text descriptions, other than that the student must be actively practicing writing and consultation to teachers in order to make improvements. Second, teachers should pay more attention to the students in understanding the structure and aspects of language description text, make improvements or innovations in teaching to make students more easily understand the structure and aspects of language text descriptions, as well as examining student work if the structures and aspects of language description text that has been done is correct or not.