SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MEMBAWAKAN ACARA UNTUK KEGIATAN DI SEKOLAH

Aprillia Purwaningrum

Abstrak


ABSTRAK

Purwaningrum, Aprillia. 2017. Pengembangan Buku Panduan Membawakan Acara untuk Kegiatan di Sekolah. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Yuni Pratiwi, M. Pd.

Kata kunci: buku panduan, membawakan acara, kegiatan sekolah

Membawakan acara merupakan keterampilan berbicara di depan umum untuk mengatur jalannya acara dari awal acara hingga akhir. Buku panduan membawakan acara ini disusun dengan mempertimbangkan empat aspek meliputi (1) deskripsi isi, (2) sistematika penyajian, (3) penggunaan bahasa, dan (4) tampilan.

Penelitian dan pengembangan buku panduan membawakan acara ini memiliki dua tujuan. Tujuan tersebut, yaitu (1) menghasilkan produk berupa buku panduan membawakan acara untuk kegiatan di sekolah dan (2) melaporkan hasil uji produk buku panduan membawakan acara untuk kegiatan di sekolah.

Desain uji coba dalam penelitian dan pengembangan buku panduan membawakan acara ini mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall. Model pengembangan tersebut meliputi 1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji ahli dan uji praktisi, (5) merevisi hasil uji ahli dan uji praktisi, (6) uji coba pelaksanaan lapangan, (7) penyempurnaan produk akhir, dan (8) diseminasi. Uji produk dilakukan dengan melibatkan ahli pembelajaran berbicara, ahli bidang kepewaraan, ahli desain tampilan, praktisi, (guru Bahasa dan Sastra Indonesia), dan subjek lapangan terbatas (siswa ektrakulikuler broadcasting).

Hasil uji produk dengan melibatkan ahli pembelajaran berbicara, ahli bidang kepewaraan, ahli desain tampilan, praktisi, dan lapangan terbatas. dari aspek deskripsi isi memperoleh persentase 88,2% (sangat layak diimplementasikan). Komentar dan saran perbaikan aspek deksripsi isi, yaitu Komentar dan saran perbaikan diberikan oleh ahli untuk menambah kata pengantar yang berikaitan dengan pentingnya keterampilan membawakan acara dan untuk menambahkan materi manajemen penyelenggaraan acara tahap pelaksanaan dan evaluasi. Aspek sistematika penyajian memperoleh persentase 91,1% (sangat layak diimplementasikan). Aspek penggunaan bahasa memperoleh persentase 89,2% (sangat layak diimplementasikan). Komentar dan saran perbaikan pada aspek penggunaan bahasa, yaitu memerhatikan sapaan, pilihan diksi, dan ejaan pada buku. Aspek tampilan memperoleh persentase 75,1% yang mendapat komentar dan saran perbaikan untuk mengganti gambar dan warna sampul, ilutrasi gambar, bidang cetak buku, dan jenis fontasi.

Penyebarluasan produk dapat dilakukan dengan menggunggah produk di media massa elektronik melalui jaringan internet. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas terhadap Buku Panduan Membawakan Acara untuk Kegiatan di Sekolah. Selain itu, produk dapat didiseminasikan melalui penulisan artikel ilmiah yang diunggah ke media elektronik. Diseminasi juga dapat dilakukan dengan mengadakan seminar tentang profesi sebagai pembawa acara.