SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pratomo, Bagus, 2017. Nilai Moral Sosial dalam Interaksi Tokohdalam Novel Patah Hati Terindah Karya Aguk Irawan, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

Bagus Pratomo

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratomo, Bagus, 2017. Nilai Moral Sosial dalam Interaksi Tokohdalam Novel Patah Hati Terindah Karya Aguk Irawan, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata Kunci: nilai moral sosial, novel, interaksi horisontal, interaksi vertikal

 

Patah Hati Terindah merupakan novel yang ditulis olehAguk Irawan yang mengambil latar belakang cerita perbedaan cara bersikap dalam menanggapi suatu masalah, khususnya dalam interaksi kepada lingkungan sosial. Novel ini banyak mengandung nilai-nilai moral sosial, interaksi horisontal dan interaksi vertikal. Fokus utama kajian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan wujud nilai moral sosial interaksi horisontal dalam novel Patah Hati Terindah karya Aguk Irawan, 2) mendeskripsikan wujud moral sosial dalam interaksi vertikal dalam novel Patah Hati Terindah karya Aguk Irawan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan nilai moral-sosial, dibagi dalam dua aspek yakni, nilai moral sosial dalam interaksi horisontal dan nilai moral sosial dalam interaksi vertikal. Data kajian ini yakni kutipan novel Patah Hati Terindah karya Aguk Irawan, baik berupa narasi, monolog, maupun dialog yang mengandung nilai moral sosial. Pengumpulan data dalam kajian ini dilakukan dengan cara studi dokumen, dengan rincian yakni identifikasi data, klasifikasi data, serta kodifikasi. Analisis data dalam kajian ini dilakukan dengan pengklasifikasian data berdasarkan fokus kajian, pendeskripsian dan penginterpretasian data, serta penarikan kesimpulan, yang didasarkan pada kecukupan serta kesesuaian data dengan fokus kajian ini.

Hasil penelitian inididapatkan dua nilai moral sosial dalam novel Patah Hati Terindah. Pertama, nilai moralsosial dalam interaksi horisontal, yakni tokoh yang saling berinteraksi memiliki umur yang sebaya. Ditemukan empat wujud sikap dalam interaksi horisontal antar tokoh yang terdiri atas sikap: (1) tanggung jawab, (2) sabar, (3)pantang menyerah, dan (4) suka menolong. Wujud nilai moral sosial yang terdapat pada interaksi horisontal yang terdapat dalam novel Patah Hati Terindah yakni bentuk mengingatkan,melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, bentuk tabah dalam menghadapi hal yang tidak menyenangkan, berusaha sekeras mungkin dan tidak putus asa.

Kedua, ditemukan tiga wujud sikap nilai moral sosial dalam novel Patah Hati Terindah. Nilai moral sosial yang ditemukandalam interaksi vertikal,yakni tokoh yang saling berinteraksi memiliki umur yang lebih tua (tidak sebaya) terdiri dari sikap:(1)pekerja keras, (2)perhatian, dan(3) rela berkorban. Nilai  moral sosial pada interaksi vertikal dalam novel Patah Hati Terindahyaknidalambentuk bekerja dengan sebaik mungkin untuk memperoleh hasil yang diharapkan, bentuk memberikan kebahagiaan dan merawat anak dengan baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan, pertama, ditujukan untuk peneliti lanjutan, sebagai salah satu landasan mengenai nilai moral sosial dalam novel yang berbeda. Kedua, pengajar sastra dijadikan sebagai bahan pengajaran sastra, sebagai salah satu sudut pandang  dalam mengkaji karya sastra khususnya mengenai nilai moral sosial.