SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Gaya Penulisan Teks Cerita Pendek Pada Siswa kelas XI Madrasah Aliyah negeri Kota Blitar tahun Ajaran 2016/2017

Wanudyoning Tyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Tyas, Wanudyoning. 2017. Karakteristik Gaya Penulisan Teks Cerpen Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nita Widiati, Dr. M.Pd

 

Kata Kunci : karakteristik, gaya penulisan, cerpen

Gaya penulisan cerpen pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gaya penulisan yang dipakai siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dalam menulis cerpen karena cara penulisan adalah cara pengungkapkan diri sendiri melalui bahasa. Penelitian ini memfokuskan pada tiga aspek yang meliputi: (1) karakteristik gaya penulisan judul cerpen, (2) karakteristik gaya penulisan struktur alur, dan (3) karakteristik gaya bahasa.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis dokumen. Untuk mendeskripsikan dan mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen karya siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar tahun ajaran 2016/2017 yang telah dibuat antologi. Antologi cerpen tersebut tidak diterbitkan dan hanya dibuat untuk dokumentasi. Sedangkan data dari penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat yang dikelompokkan dalam (1) gaya penulisan judul, (2) gaya penulisan struktur alur, dan (3) gaya bahasa cerpen.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa gaya penulisan judul cerpen yang yang paling banyak digunakna siswa Madrasah Aliyah negeri Kota Blitar adalalh gaya penulisan pencerminan topik sebanyak dua puluh enam judul, yang kedua adalah gaya penulisan judul yang memiliki arti luas sebanyak empat judul, terakhir adalah gaya penulisan judul dengan penggunaan frasa sebanyak dua judul. Temuan penelitian yang kedua adalah tentang gaya penulisan struktur alur dalam cerpen karangan siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar tahun ajaran 2016/2017. Penulisan struktur alur cerpen yang paling banyak digunakan dalam karangan cerpen kelas XI adalah alur maju yang berjumlah tiga puluh cerpen. Alur lain yang ditemukan dalam cerpen karangan siswa adalah alur campuran yang berjumlah dua cerpen saja. Temuan penelitian yang yang terakhir adalah gaya bahasa yang digunakan siswa dalam mengarang cerpen diantaranya ada majas simile, metafora, personifikasi, ironi, sarkasme, dan hiperbola.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan beberapa saran yang berguna kepada siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, yaitu untuk mempertahankan kreativitas dalam menulis cerpen agar cerpen yang dihasilkan tetap bersifat utuh dan menarik untuk dibaca.  Saran selanjutnya untuk guru pengajar bahasa Indonesia khusunya kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, sebaiknya dalam penyampaian materi, guru lebih memperbaiki cara penyampaian materi kepada siswa, agar siswa lebih memahami struktur cerpen dengan baik. Saran yang terakhir ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian sejenis dengan subjek siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, namun dengan jenis karya yang berbeda agar dapat mengetahui begaimana hasil karya siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar terutama dalam keterampilan menulis.