SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Argumentasi dalam Teks Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka (Online)

Lupita Bunga Pertiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Argumentasi adalah suatu bentuk keterampilan kognitif yang diekspresikan menggunakan bahasa yang bertujuan untuk meyakinkan orang lain agar sependapat dengan apa yang diinginkan penulis, dengan cara memberikan pendapat yang logis terkait denan permasalahan yang diangkat. Oleh karena itu, penulis harus menggabungkan argumen-argumen menjadi satu kesatuan agar dapat mempengaruhi orang lain. Salah satu cara menggabungkan argumen-argumen tersebut adalah dengan menggunakan teknik argumentasi. Penulis tidak hanya dapat menggunakan satu teknik, tetapi beberapa teknik yang digabungkan. Susunan teknik yang digunakan dalam teks tajuk rencana dapat membentuk pola Argumentasi. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan argumentasi dalam teks tajuk rencana harian Suara Merdeka (Online). Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teknik argumentasi dalam teks tajuk rencana harian Suara Merdeka (Online) serta pola argumentasi dalam teks tajuk rencana harian Suara Merdeka (Online).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks. Data penelitian ini berupa kalimat yang berisi teknik argumentasi dan berupa paragraf yang berisi pola argumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks tajuk rencana harian Suara Merdeka (Online). Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kalimat dan paragraf dalam teks tajuk rencana harian Suara Merdeka (Online) dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dimulai dengan kegiatan identifikasi dan klasifikasi teknik argumentasi, selanjutnya kegiatan identifikasi dan klasifikasi pola argumentasi. Hasil kedua langkah tersebut kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan bagan. Tahap selanjutnya adalah penarikan kesimpulan sementara. Hasil simpulan sementara ditelaah kembali kebenarannya dengan cara diskusi dengan teman sejawat dan dosen pembimbing. Hasil simpulan yang benar inilah yang digunakan sebagai simpulan akhir dalam penelitian.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, teks tajuk rencana harian Suara Merdeka (Online) menerapkan teknik argumentasi yang terdiri dari (1) teknik rasionalisasi, (2) teknik identifikasi, (3) teknik sugesti, (4) teknik konformitas, (5) teknik kompensasi, (6) teknik penggantian, dan (7) teknik proyeksi. Teknik rasionalisasi dapat dibedakan berdasarkan common sense atau akal sehat. Teknik identifikasi dapat dibedakan berdasarkan situasi dan hadirin. Teknik sugesti dapat dibedakan berdasarkan keadaan. Teknik konformitas dapat dibedakan berdasarkan keadaan dan hadirin. Teknik kompensasi dapat dibedakan berdasarkan sikap dan keadaan. Teknik penggantian dapat dibedakan berdasarkan sikap dan keadaan. Teknik proyeksi dapat dibedakan berdasarkan posisi subjek dan objek. Kedua, teks tajuk rencana harian Suara Merdeka (Online) memiliki pola-pola argumentasi yang terdiri atas (1) pola rasionalisasi, (2) pola penggantian, (3) pola konformitas, (4) pola identifikasi, (5) pola sugesti, dan (6) pola proyeksi. Pada pola rasionalisasi, teknik rasionalisasi yang berdasarkan common sense menjadi landasan dari topik yang diangkat. Pada pola penggantian, teknik penggantian berdasarkan keadaan dan sikap menjadi landasan dari suatu topik. Pada pola konformitas, teknik konformitas berdasarkan keadaan dan hadirin menjadi landasan dari suatu topik. Pada pola identifikasi, teknik identifikasi berdasarkan situasi dan hadirin menjadi landasan dari suatu topik. Pada pola sugesti, teknik sugesti berdasarkan keadaan menjadi landasan dari suatu topik. Pada pola proyeksi, teknik proyeksi dengan melihat posisi subjek dan objek menjadi landasan dari suatu topik.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada penyusun buku teks dan guru bahasa Indonesia, serta peneliti lain. Dalam menjelaskan dan menyampaikan argumentasi, hendaknya penyusun buku dan guru memperhatikan teknik yang digunakan dalam argumentasi yang berupa teknik rasionalisasi, teknik identifikasi, teknik sugesti, teknik konformitas, teknik kompensasi, teknik penggantian, dan teknik proyeksi. Bagi peneliti lain, disarankan dapat mengembangkan penelitian terkait teknik argumentasi dan pola argumentasi dalam teks tajuk rencana.