SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas 8 SMP

Fatma Agustin Asnawi, Fatma Agustin Asnawi

Abstrak


ABSTRAK

 

Asnawi, Fatma Agustin. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis (BBM)dan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Muakibatul Hasanah, M. Pd.

 

Kata Kunci: model pembelajaran BBM, media gambar, kemampuan menulis, teks diskusi.

Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Pada pelajaran Bahasa Indonesia, salah satu teks yang diajarkan di kelas VIII adalah teks diskusi. Salah satu kendala siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang dalam pembelajaran menulis teks diskusi adalah kesulitan dalam menuangkan argumen-argumen ke dalam bentuk tulisan. Guru harus pandai memilah dan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan aspek pembelajaran. Selain itu, penggunaan media pembelajaran juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran menulis teks adalah model pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis. Selain itu, media pembelajaran dianggap efektif digunakan dalam pembelajaran menulis. Beberapa penelitian juga menyebutkkan bahwa model pembelajaran TTW atau BBM dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran BBM terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa dari aspek isi, struktur teks, dan bahasa, dan (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran BBM dan media gambar terhadap kemampuan menulis teks diskusi dari aspek isi,  struktur teks, dan bahasa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain control group pretes-postes design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol, siswa kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen 2, dan siswa kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen 1. Siswa kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran BBM dan media gambar, siswa kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran BBM, sedangkan siswa kelompok kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah).

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran BBM terhadap kemampuan menulis teks diskusi dari aspek isi, struktur teks, dan bahasa. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis one way anova yang menunjukkan nilai signifikansi (0,001) > 0,05 atau Fhitung (12,670) < Ftabel (3,087) pada aspek isi, (0,008) > 0,05 atau Fhitung (7,581) < Ftabel (3,087) pada aspek struktur teks, dan (0,044) < 0,05 atau Fhitung (4,214) < Ftabel (3,087) pada aspek bahasa. Peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 meningkat sebesar 6,09% pada aspek isi, 24,04% pada aspek struktur teks, dan 14,99% pada aspek bahasa.Kedua, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran BBM dan media gambar terhadap kemampuan menulis teks diskusi dari aspek isi, struktur teks, dan bahasa. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis one way anova yang menunjukkan nilai signifikansi (0,000) < 0,05 atau Fhitung (18,332) < Ftabel (3,087) pada aspek isi, (0,000) < 0,05 atau Fhitung (27,040) < Ftabel (3,087) pada aspek struktur teks, dan (0,000) < 0,05 atau Fhitung (10,221) < Ftabel (3,087) pada aspek bahasa. Peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 meningkat sebesar 9,25% pada aspek isi, 37,59% pada aspek struktur teks, dan 35,87% pada aspek bahasa.

Hasil penelitian tersebut dapat disarankan kepada guru dan peneliti lain. Kepada guru, disarankan untuk menggunakan model pembelajaran BBM dan media gambar dalam pembelajaran menulis. Kepada peneliti lain, disarankan untuk melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran BBM dan media gambar dalam kegiatan menulis teks dengan jenis teks yang berbeda.