SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa dalam Teks Berita di Rubrik Citizen Reporter Harian Surya

Marin Nur Isnaini

Abstrak


ABSTRAK

 

Isnaini, Marin Nur. 2017. Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa dalam Teks Berita di Rubrik Citizen Reporter Harian Surya. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Martutik, M.Pd.

 

Kata Kunci: diksi, gaya bahasa, Citizen Reporter

Berita merupakan salah satu media yang efektif dalam penyampaian informasi kepada masyarakat secara tepat, cepat, dan akurat. Media yang cukup efektif dan menarik dalam penyampaian berita yaitu media online. Salah satu media massa yang memanfaatkan media online dalam penyampaian berita kepada masyarakat yaitu Harian Surya. Harian Surya memiliki rubrik Citizen Reporter yang memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tertarik dengan jurnalisme warga untuk menyampaikan peristiwa yang dialami ke dalam sebuah berita. Penyampaian berita di rubrik Citizen Reporter tentu menggunakan diksi dan gaya bahasa yang beragam sesuai karakteristik penulis berita dan telah melewati proses penyuntingan oleh redaksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam teks berita dalam rubrik Citizen Reporter Harian Surya.

Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang menunjukkan paparan deskripsi penggunaan diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam teks berita. Sumber data penelitian ini adalah teks berita di rubrik Citizen Reporter Harian Surya dalam versi unggah online dalam periode Desember 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi karena teks berita yang diteliti berwujud dokumen online. Instrumen penelitian berupa tabel pengumpul teks berita dan tabel pedoman analisis data. Kegiatan analisis data dilakukan dengan pengklasifikasian data, penginterpretasian data, dan pendeskripsian data hasil analisis. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan diskusi sejawat.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, penggunaan diksi dalam teks berita berupa kata konkret, kata abstrak, kata umum, kata khusus, kata lugas, dan kata abstrak. Kata konkret dalam teks berita sebagai penggambaran secara nyata mengenai objek yang diberitakan. Kata abstrak dalam teks berita berupa kata sifat sebagai penjelasan lebih mendalam mengenai objek yang diberitakan. Kata umum dalam teks berita sebagai generalisasi dari objek yang diberitakan. Kata khusus dalam teks berita sebagai penjelasan yang lebih spesifik mengenai suatu objek. Kata lugas dalam teks berita diperlukan dalam teks berita karena menuntut  sebuah  ketajaman dalam  penyampaiannya.  Kata kias  dalam  teks  berita sebagai pemberi variasi dan warna terhadap teks sehingga mampu memberikan pemahaman  yang mendalam  terhadap  pembaca.  Kedua,  penggunaan  gaya  bahasa dalam teks berita berupa persamaan, metafora, personifikasi, hiperbola, dan erotesis atau retoris. Gaya bahasa persamaan, metafora, personifikasi, hiperbola, dan erotesis atau retoris dalam teks berita digunakan sebagai penegasan terhadap gagasan yang disampaikan penulis. Dalam penulisannya, penggunaan gaya bahasa dapat menarik

perhatian pembaca, namun harus melalui pertimbangan mendalam agar pembaca dapat menangkap pesan yang disampaikan secara tepat.

 

Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada dua hal sebagai berikut. Pertama, dalam teks berita di rubrik Citizen Reporter Harian Surya lebih banyak menggunakan kata konkret, khusus, dan