SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Tembang Macapat karya Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Srengat Tahun Pelajaran 2014/2015

Elfan Muhammad Naim

Abstrak


ABSTRAK

 

Naim, Elfan Muhammad. 2015. Karakteristik Tembang Macapat karya Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Srengat Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunoto, M.Pd, (II) Karkono, S.S., M.A.

 

Kata Kunci: karakteristik, tembang macapat, siswa kelas X, SMA Negeri 1 Srengat

Dalam budaya Jawa, macapat masuk pada kategori tembang yang terwujud dalam pola persajakan tertentu. Dalam melestarikan produk budaya tersebut Pemerintah Daerah di Jawa Timur memiliki peran besar. Hal ini terangkum dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur yang menjelaskan bahwa mata pelajaran Bahasa Jawa diselenggarakan pada jenjang SMA/SMALB/MA.

SMA Negeri 1 Srengat, merupakan salah satu SMA di Kabupaten Blitar yang telah melaksanakan pembelajaran Bahasa Jawa pada kurun waktu satu tahun terakhir dengan tenaga pengajar yang terbatas. Menulis tembang macapat  merupakan salah satu Kompetensi Dasar pada Muatan Lokal Bahasa Jawa di SMA tersebut. Ketrampilan menulis tembang macapat harus dikuasai oleh siswa yang bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa walaupun dengan keterbatasan tenaga pengajar.

Penelitian ini penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat. Penelitian ini difokuskan pada karakteristik tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat yang meliputi sub fokus struktur dan pesan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi dokumen. Data dalam penelitian ini berupa (1) kutipan struktur yang terdiri dari guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu yang digunakan siswa dalam menulis tembang macapat dan (2) larik atau kutipan tembang macapat yang memuat pesan dalam tembang macapat.

Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen. Peneliti merupakan human instrument atau instrumen yang bersifat subjek. Peneliti dalam mendapatkan data menggunakan parameter. Parameter digunakan untuk membantu peneliti mendapatkan data berupa pesan yang terdapat pada tembang macapat karya siswa.

 

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, karakteristik struktur tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat tahun pelajaran 2014/2015 tertuang pada 10 jenis tembang macapat.  Siswa cenderung menggunakan diksi Bahasa Indonesia, menggunakan dasanama, dan melesapkan atau mengurangi suku kata pada diksi yang dipilih untuk menyesuaikan pakem struktur tembang. Kedua, karakteristik pesan dalam tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat tahun pelajaran 2014/2015 tertuang pada 10 jenis tembang macapat. Siswa mengambil pesan-pesan yang bersifat kesedihan, kemesraan, kebahagiaan, nasihat, dan tebakan. Siswa cenderung memperhatikan kesesuaian pesan tembang berdasarkan pakem pesan pada masing-masing tembang macapat.