SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran Menulis Cerita Siswa Kelas V SDN Ngaringan 03 Gandusari Blitar

Rizkha Nurul Latifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Latifah, Rizkha Nurul. 2014. Penggunaan Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran Menulis Cerita Siswa Kelas V SDN Ngaringan 03 Gandusari Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali. M. Pd., (II) Dr. Martutik, M. Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, lagu anak-anak, menulis cerita.

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang jarang diminati siswa karena kegiatan menulis identik dengan suatu hal yang membosankan. Oleh sebab itu, diperlukan metode pembelajaran yang mendukung keterampilan menulis. Salah satu pembelajaran dalam keterampilan menulis adalah menulis cerita. Hasil wawancara dengan guru kelas sebagai guru mata pelajaran menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis cerpen di SDN Ngaringan 03 Gandusari Blitar, siswa mengalami kesulitan dalam menulis.  Kesulitan itu bisa digunakan media pembelajaran. Media lagu anak-anak dapat digunakan untuk menghadirkan ide kreatif siswa dalam menulis cerita.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menulis cerita setelah digunakan lagu anak-anak. Aspek yang dijadikan masalah adalah temuan kata dan kalimat dalam cerita berdasarkan lagu anak-anak, kesesuaian kata dan kalimat dalam cerita berdasarkan lagu anak-anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngaringan 03 Gandusari Blitar, dengan sampel kelas VA dan VB. Instrumen yang digunakan, yaitu (1)

panduan analisis data, (2) materi, (3) media, serta (4) perintah dan petunjuk menulis cerita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa sekolah dasar. Penggunaan lagu anak-anak untuk meningkatkan  kemampuan menulis  meliputi dua langkah, yaitu mendaftar kata dan kalimat dalam cerita berdasarkan lagu anak-anak sebagai ide cerita dan mendeskripsikan kata dan kalimat dalam cerita berdasarkan lagu anak-anak,

 

Peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan lagu anak-anak dapat dideskripsikan dari dua aspek masalah.  Dari kedua aspek tersebut penggunaan lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa. Saran yang diharapkan peneliti berdasarkan temuan penelitian adalah (1) perlu diadakan penelitian bagi sekolah dengan kondisi serupa, (2) Penggunaan lagu anak-anak dapat digunakan untuk aspek menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.dan (3) Penggunaan lagu anak-anak perlu digunakan agar siswa lebih bersemangat dan menyenangkan dalam pembelajaran menulis cerita.