SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN ISTILAH PADA SIARAN PERTANDINGAN SEPAK BOLA DI TELEVISI

FARIZ BASTOMY

Abstrak


ABSTRAK

 

Bastomy, Fariz. Penggunaan Istilah pada Siaran Pertandingan Sepak Bola di Televisi. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd, (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Kata kunci: siaran, istilah, istilah bentuk dasar, berimbuhan, pemajemukan.

Televisi sebagai salah satu media komunikasi massa memiliki peran besar dalam menyebarkan informasi dan memberikan hiburan ke semua lapisan masyarakat. Media televisi memiliki kekuatan persuasif yang lebih sempurna dibanding radio karena televisi mampu menimbulkan pengaruh yang lebih menekankan pada pendengaran dan penglihatan. Perpaduan antara kata-kata dan gambar mampu ditayangkan di televisi, sehingga televisi menjadi media yang tepat dipilih sebagai sarana dalam menyampaikan berita maupun siaran pertandingan. Siaran televisi merupakan media komunikasi massa yang dalam menyalurkan gagasan dan informasi dalam bentuk suara dan gambar baik terbuka maupun tertutup dalam perpaduannya, antara suara dan gambar,  kata adalah unsur pokok dalam menyampaikan tujuan siaran. Dalam penggunaannya, istilah yang digunakan dalam menyampaikan siaran cenderung khusus sesuai dengan jenis siaran yang disampaikan, tidak terkecuali siaran pertandingan sepak bola. Berkaitan dengan itu, diperlukan pembahasan mengenai pemaparan penggunaan istilah bidang lain pada siaran pertandingan sepak bola yang kemudian dijadikan fokus penelitian yang meliputi, (1) penggunaan istilah bentuk dasar  pada siaran pertandingan sepak bola di televisi, (2) penggunaan istilah bentuk berimbuhan pada siaran pertandingan sepak bola di televisi, dan (3) penggunaan istilah bentuk pemajemukan pada siaran pertandingan sepak bola di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan istilah istilah bidang lain pada siaran pertandingan sepak bola di televisi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup bentukan istilah pada kata dasar, berimbuhan, dan pemajemukan kata. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif  kualitatif. Data yang diambil berupa bentuk istilah, yaitu istilah dasar, istilah berimbuhan, dan istilah pemajemukn. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumen. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data dengan bantuan kamus. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, bentukan istilah pada kata dasar mengacu pada empat aspek, yaitu kata kerja, kata sifat, kata benda, dan kata bilangan, misalnya kata tendang. Kedua, bentukan istilah pada kata berimbuhan mengacu pada dua aspek, yaitu berupa awalan dan akhiran misalnya kata berjibaku  dan serangan. Awalan dan akhiran yang ditambahkan pada bentuk dasar akan menghasilkan makna baru. Ketiga, bentukan istilah pada kata gabungan atau disebut juga dengan kata pemajemukan, terbentuk atas dua hal, yaitu bentuk dasar dengan bentuk dasar dan bentuk dasar dengan bentuk imbuhan misalnya kartu kuning. Pada bentuk pemajemukan, bentuk dasar yang digabungan dengan bentuk dasar maupun dengan bentuk berimbuhan akan menjadi makna baru.

 

Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat diajukan dua saran, yaitu bagi guru bahasa Indonesia disarankan agar mengajarkan istilah-istilah pada bidang olahraga khususnya sepak bola dan juga guru dapat mengajarkan istilah pada siswa sehingga siswa lebih memahami istilah serta dapat menambah pembendaharaan istilah. Bagi peneliti lain, diharapkan agar dapat menggunakan skripsi ini sebagai sarana untuk melakukan penelitian mengenai bentukan istilah terhadap jenis berita yang lain.