SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Biodiversitas Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lembang

EVI JUNIA NURHAYATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan multimedia pembelajaran IPA merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Keberhasilan pembelajaran IPA terletak pada kemampuan siswa dalam mengembangkan literasi sains. Literasi sains sangat penting bagi siswa untuk bekal menghadapi kehidupan masyarakat modern dan untuk memecahkan masalah kehidupan yang dialaminya. Multimedia pembelajaran IPA berbasis biodiversitas menjadikan literasi sains sebagai dasar pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran IPA berbasis biodiversitas untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa SMP.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Model pengembangan ini terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran).  Tahap penelitian dan pengembangan dilaksanakan sampai tahapdisseminate dengan publikasi artikel dan proses uji coba kepada siswa yang dilakukan secara terbatas. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada ahli materi, media, dan penerapan lapangan.

 

Hasil penelitian dan pengembangan berupa multimedia pembelajaran IPA berbais biodiversitas yang dikemas dalam bentuk file. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik antara lain: (1) terdapat animasi, video, gambar, dan tulisan dalam satu kesatuan yang dapat memvisualisasikan konsep  biodiversitas, (2) bersifat interaktif,  dan (3) terdapat evaluasi sebagai balikan setelah mempelajari multimedia pembelajar, Rata-rata validasi media tahap tampilan isi, media, dan penerapan lapangan berturut-turut sebesar 90,69%, 82,42%, dan 89,54%. Hasil rata-rata uji coba kelompok kecil sebesar 85,64%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba kelompok kecil menunjukkan multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan pada pembelajaran IPA. Hasil uji efektifitas menunjukkan multimedia pembelajaran IPA yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa.