SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film/Drama Menggunakan Model Problem Posing Learning Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Malang

Putri Lintang Permani

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan proses belajar yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Akan tetapi, dewasa ini kondisi pembelajaran bahasa Indonesia berada dalam keadaan mengkhawatirkan, sehingga dapat mengakibatkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak layak ditiru, salah satunya adalah plagiarisme dalam bidang kepenulisan, terutama dalam teks ulasan film/drama.Pembelajaran menulis teks ulasan film/drama di SMK Negeri 6 Malang dilakukan berbeda dengan pembelajaran di tempat lain. Pembelajaran di sekolah ini dilakukan menggunakan model problem posing learning. Model pembelajaran problem posing learningadalah model berupa pengajuan masalah atau soal dari peserta didik berdasarkan informasi yang sudah ada. Hal ini untuk memudahkan siswa dalam mencari topik baru dan menyediakan pemahaman yang lebih mendalam.Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti pembelajaran menulis teks ulasan film/drama menggunakan model problem posing learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks ulasan film/drama menggunakan model problem posing learning siswa kelas XI SMK Negeri 6 Malang. Kegiatan pembelajaran mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menulis teks ulasan film/drama yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 6 Malang. Pada perencanaan pembelajaran dideskripsikan mengenai komponen yang terdapat dalam RPP dan informasi hasil wawancara perencanaan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran dideskripsikan mengenai kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan informasi hasil wawancara pelaksanaan pembelajaran. Pada penilaian pembelajaran dideskripsikan mengenai alat penilaian proses, alat penilaian hasil, dan informasi hasil wawancara penilaian pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data yang dihimpun dari kegiatan penelitian ini dibedakan menjadi tiap fokus penelitian. Data yang dihimpun dari perencanaan pembelajaran meliputi (1) informasi tentang komponen RPP dan (2) informasi hasil wawancara perencanaan pembelajaran. Data yang dihimpun dari pelaksanaan pembelajaran meliputi transkrip pelaksanaan yang terdiri dari (1) kegiatan pembuka, (2) kegiatan inti, (3) kegiatan penutup, dan (4) informasi hasil wawancara pelaksanaan pembelajaran. Data yang dihimpun dari penilaian pembelajaran meliputi (1) alat penilaian proses, (2) alat penilaian hasil, dan (3) informasi hasil wawancara penilaian pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) RPP, (2) peristiwa pembelajaran, (3) rekaman video pelaksanaan pembelajaran, (4) guru, dan (5) peneliti.

Dari analisis data diketahui bahwa pembelajaran menulis teks ulasan film/drama menggunakan model problem posing learning siswa kelas XI SMK Negeri 6 Malangada tiga komponen, yaitu (1) rancangan pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sudah sesuai dengan ketentuan permendikbud, namun pada komponen penilaian dalam rubrik pedoman penskoran penilaian kemampuan menulis teks ulasan film/drama kurang sempurna, hanya mencantumkan kelengkapan struktur dan kurang terperinci, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan film/drama menggunakan model problem posing learningmemunculkan pola berupa kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang sudah sesuai dengan RPP dan langkah-langkah model problem posing learning, dan (3) penilaian yang dilakukan berupa penilaian proses dan penilaian hasil yang sudah sesuai dengan RPP. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan pembelajaran menulis teks ulasan film/drama yang dilakukan guru SMKN 6 Malang berbeda karena menggunakan model pembelajaran problem posing learning.

 

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini dibagi menjadi tiga hal, yaitu untuk (1) siswa, (2) guru, dan (3) peneliti selanjutnya. Pertama, saran untuk siswa. Siswa diharapkan lebih aktif dan mandiri dalam menulis teks ulasan film/drama, misalnya menggunakan bahan pustaka lain yang dapat mempermudah dalam menulis teks ulasan film/drama. Kedua, saran untuk guru. Guru disarankan untuk lebih teliti dalam membuat rubrik penilaian dan harus lebih bervariasi dalam memberikan latihan-latihan kepada siswa dalam membuat argumen.Ketiga, peneliti selanjutnya. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode penelitian dan model pembelajaran yang berbeda.