SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Berbahasa dalam Abstrak Skripsi Karya Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Tahun 2014-2016

Gegana Jayapada

Abstrak


ABSTRAK

 

Abstrak merupakan bagian skripsi yang diletakkan di halaman awal yang memuat intisari skripsi. Abstrak skripsi ditulis dengan bahasa yang baku. Pembaca yang tidak mengalami hambatan saat membaca abstrak tentu akan membaca isi skripsi secara keseluruhan. Kesalahan berbahasa mampu menghambat pemahaman pembaca. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kesalahan berbahasa.

Penelitian ini difokuskan pada kesalahan ejaan, pilihan kata, dan kalimat. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dengan desain analisis dokumen. Lokasi penelitian terletak di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, sedangkan instrumen pendukungnya berupa (1) panduan kodifikasi data dan (2) panduan analisis data.Data yang diperoleh ialah data verbal berupa kesalahan ejaan, pilihan kata, dan kalimat yang bersumber dari abstrak skripsi karya Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang tahun 2014-2016. Pengumpulan data dilaksanakan melaluistudi dokumen. Analisis data dilakukan secara induktif dengan tiga tahapan, yaitu (1) identifikasi data, (2) klasifikasi data, (3) kodifikasi data, (4) interpretasi data, (5) penyajian data, dan (6) penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data, ditarik tiga kesimpulan.Pertama, kesalahan ejaan yang ditemukan meliputi empat jenis kesalahan, yaitu penulisan huruf, kata, bilangan, dan tanda baca. Kesalahan penulisan huruf meliputi kesalahan penulisan huruf kapital dan huruf miring. Kesalahan penulisan kata meliputi kesalahan penulisankata serapan, dan kata depan.Kesalahan penulisan bilangan meliputi penulisan bilangan dengan angka dan penulisan bilangan yang tidak ditulis dengan angka Romawi. Kesalahan penulisan tanda baca meliputi kesalahan penulisan tanda koma,penulisan tanda titik dua, danpenulisan tanda titik koma.Kedua, kesalahan pilihan kata yang ditemukan meliputi empat jenis kesalahan yang meliputi (1) penggunaan kata asing, (2) penggunaan kata tidak baku, (3) penempatan konjungsi, dan (4) penggunaan kata tanya dalam kalimat deklaratif. Ketiga, kesalahan keefektifan kalimat yang ditemukanmeliputikesalahan kesatuan gagasan, kesalahan kehematan, kesalahan kegramatikalan, kesalahan kelogisan, kesalahan keambiguan, dan kesalahan keparalelan.

 

Berdasarkan paparan di atas, saran ditujukan kepada mahasiswa, dosen, dan peneliti lanjut. Pertama, mahasiswa disarankan meningkatkan kemampuan menulis abstrak skripsidan lebih cermat menggunakan tanda koma, pemilihan kata, dan kehematan kalimat, karena sering ditemukan kesalahannya. Kedua, dosen diharapkan lebih memperhatikan penggunaan ejaan, kata dan kalimat yang ditulis mahasiswanya demi perbaikan skripsi yang lebih berkualitas. Ketiga, kepada peneliti lanjut diharapkan memanfaatkan penelitian ini sebagai rujukan untuk penelitian selanjutnya.