SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Cerkak Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Turen

Yunisa Maulidia

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulidia, Yunisa. 2017. Pembelajaran Menulis Cerkak Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Turen. Skripsi. Prodi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunoto, M.Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran menulis, cerkak

Penelitian pembelajaran menulis cerkak dilakukan karena mata pelajaran bahasa Jawa saat ini pada Kurikulum 2013 diwajibkan ada dalam muatan lokal. Kompetensi pembelajaran menulis cerkak bahasa Jawa bertujuan agar bervariasinya kosakata bahasa Jawa siswa, mengetahui nilai kesastraan Jawa dan secara tidak langsung belajar tentang budaya Jawa yang sering dituturkan dalam cerkak sehingga siswa mampu menulis cerkak dengan sistematika dan bahasa yang benar.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen. Terdapat lima hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini, yaitu tujuan pembelajaran, penyajian materi, penggunaan media dan sumber belajar, bentuk kegiatan (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup), dan penilaian guru (penilaian proses dan penilaian hasil).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang dihimpun dibedakan menjadi lima fokus penelitian. Data tujuan pembelajaran berupa komponen RPP yang meliputi KI, KD, indikator pencapaian kompetensi dan gambaran tujuan pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran menulis cerkak. Data penyajian materi berupa komponen RPP yang meliputi materi pembelajaran pertemuan pertama dan kedua yang mencakup fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan. Data penggunaan media dan sumber belajar berupa komponen RPP yang meliputi pendekatan, metode, model pembelajaran dan media/alat dan sumber pembelajaran. Data bentuk kegiatan pembelajaran berupa transkrip pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Data penilaian pembelajaran berupa instrumen penilaian proses dan penilaian hasil, serta informasi hasil wawancara tentang penilaian pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah RPP, peristiwa pembelajaran, rekaman video pelaksanaan, guru dan peneliti.

Hasil penelitian pembelajaran menulis cerkak siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen terbagi menjadi lima aspek, yaitu tujuan pembelajaran, penyajian materi, penggunaan media dan sumber belajar, bentuk kegiatan dan penilaian. Hasil penelitian tujuan pembelajaran menulis cerkak sebagai berikut. Proses guru dalam menyusun tujuan pembelajaran berdasarkan KI, KD, guru merumuskan indikator dan kemudian guru merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang disusun guru pada RPP kurang sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran. Pada RPP guru dikegiatan awal pertemuan pertama dan kedua tertulis menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa tapi guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.

Hasil penelitian penyajian materi pembelajaran menulis cerkak sebagai berikut. Proses guru dalam menyusun materi pembelajaran berdasarkan penyajian materi yang terdapat pada RPP mencakup aspek fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan. Penyajian materi pada pelaksanaan pembelajaran menulis cerkak masih belum dilakukan pada pertemuan pertama. Namun, pada pertemuan kedua guru mampu menyampaikan materi dengan runtut. Penyajian materi berdasarkan bentuk pembelajaran yakni guru sebagai tokoh sentral atau sebagai sumber tunggal.

Hasil penelitian penggunaan media dan sumber belajar pada pembelajaran menulis cerkak sebagai berikut. Proses guru dalam menyusun media dan sumber belajar berdasarkan (1) pendekatan direct instruction, (2) metode penugasan, tanya jawab dan diskusi, dan (3) model pembelajaran saintifik serta media/alat dan sumber pembelajaran yang terdapat pada RPP guru.

Hasil penelitian bentuk kegiatan pembelajaran menulis cerkak menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua pertemuan. Setiap pertemuan terdapat tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan pertemuan pertama dan kedua, aktivitas yang dilakukan adalah sama persis yaitu salam, presensi, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti pertemuan pertama, aktivitas yang dilakukan adalah menganalisis teks cerkak berdasarkan mencari pesan moral yang terdapat dalam teks cerkak, sedangkan pada kegiatan inti pertemuan kedua difokuskan untuk menyusun teks cerkak berdasarkan pengalaman pribadi siswa. Pada kegiatan penutup pertemuan pertama, aktivitas yang dilakukan guru adalah menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung, memberikan tugas dan salam, sedangkan kegiatan penutup pertemuan kedua, aktivitas yang dilakukan adalah menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung dan salam.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa guru menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan untuk menilai sikap, sedangkan penilaian hasil digunakan untuk menilai kompetensi keterampilan. Penilaian proses dilakukan guru selama pembelajaran menulis cerkak berlangsung di dalam kelas, sedangkan penilaian hasil dilakukan ketika pembelajaran telah berakhir dengan cara menilai teks cerkak karya siswa.

Simpulan dari penelitian ini terbagi menjadi lima bagian sesuai dengan fokus penelitian. Pertama, tujuan pembelajaran berdasarkan komponen KI, KD, dan indikator yang disusun oleh guru, namun hanya KI dan KD saya yang sudah sesuai, sedangkan indikator belum menggambarkan hasil yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Kedua, penyajian materi berdasarkan aspek fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan pada materi pembelajaran yang disusun oleh guru. Ketiga, penggunaan media dan sumber belajar berdasarkan pendekatan, metode dan model pembelajaran. Keempat, bentuk kegiatan pada pembelajaran menulis cerkak berjalan sesuai dengan rencana. Namun, pada kegiatan inti model pembelajaran saintifik tidak sepenuhnya dilaksanakan oleh guru. Kelima, penilaian guru berdasarkan penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Penilaian hasil diperoleh berdasarkan hasil karya siswa yakni menulis  teks cerkak.

 

Saran dari penelitian ini terbagi menjadi tiga, yakni (1) bagi siswa disarankan lebih aktif pada proses pelaksanaan pembelajaran, (2) bagi guru disarankankan lebih matang dalam mempersiapkan RPP dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, dan (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan mampu menjadi bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya.