SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Mind Mapping Siswa Kelas X SMKN 6 Malang

nahdliyatul ummah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ummah, Nahdliyatul. 2017. Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Mind Mapping Siswa Kelas X SMKN 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah,  Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Teks Eksposisi, Model Mind Mapping.

Pembelajaran menulis teks eksposisi di SMK Negeri 6 Malang dilakukan berbeda dengan pembelajaran di tempat lain. Pembelajaran di sekolah ini dilakukan menggunakan model mind mapping atau peta pikiran. Model pembelajaran mind mapping adalah model berupa pembuatan peta konsep atau gambar pemetaan pikiran yang memudahkan seseorang mengingat banyak informasi. Hal ini untuk memudahkan siswa dalam menulis argumen yang menjadi bagian dari teks eksposisi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model mind mapping.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menulis teks ekposisi di SMK Negeri 6 Malang. Dalam hal ini meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan model mind mapping.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti berkedudukan sebagai instrumen kunci. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Malang, dengan data yang dibedakan berdasarkan tiap fokus penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) RPP, (2) pelaksanaan pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa, (3) rekaman video pelaksanaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, teknik dokumen, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan meliputi (1) pedoman telaah dokumen, (2) pedoman observasi, dan (3) pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi, penyajian data, dan penyimpulan. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ada tiga langkah, yaitu (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) pelaporan.

Dari analisis data diketahui bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model mind mapping ada tiga komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Guru membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. RPP yang dirancang guru terdiri atas 10 komponen, yaitu (1) identitas RPP, (2) kompetensi inti, (3) kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, (4) tujuan pembelajaran, (5) materi pembelajaran, (6) metode pembelajaran, (7) langkah-langkah kegiatan pembelajaran, (8) penilaian, (9) media, alat/bahan pembelajaran, dan (10) sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran, guru melakukan tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali pertemuan yang terdiri dari penyampaian konsep, pengorganisasian kegiatan, bimbingan penyelidikan dengan membuat peta konsep bersama-sama, dan mengembangkan hasil penyelidikan secara berkelompok. Pada komponen penilaian guru melakukan penilaian keterampilan dan sikap. Penilaian keterampilan dilakukan dengan melihat hasil kerja kelompok siswa dan penilaian sikap dilakukan selama pembelajaran berlangsung.

 

Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang ditujukan kepada Guru adalah lebih selektif dalam memilih model pembelajaran dan mempersiapkan RPP dengan baik agar proses pembelajaran lebih baik dan mencapai tujuan. Untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai salah satu bahan rujukan dalam sebuah penelitian  dan juga bisa melakukan penelitian yang sejenis namun dengan variabel yang berbeda.