SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakterisasi Tokoh Cerpen dalam Buku Teks Tingkat SMP

Avinda Yunvita

Abstrak


ABSTRAK

 

Yunvita, Avinda.2017.Karakterisasi Tokoh Cerpen dalam Buku Teks Tingkat SMP. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata kunci: karakterisasi tokoh, teknik analitis, teknik dramatis, teknik sudut pandang, dan cerpen.

Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang memiliki banyak manfaat. Karya sastra yang berbentuk cerpen merupakan suatu cerita yang bentuknya pendek. Cerpen memiliki lakon cerita yang disebut tokoh yang mana tokoh tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Karakter tokoh dapat dikenali melalui beberapa cara salah satunya dengan telaah karakterisasi. Telaah karakterisasi tokoh dibagi menjadi tiga sesuai dengan fokus penelitian ini, yaknikarakterisasi tokoh melalui teknik analitis,karakterisasi tokoh melalui teknik dramatis, dan karakterisasi tokoh melaluiteknik sudut pandang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis teks. Data dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan teks cerpen yang mendeskripsikan karakterisasi tokoh dalam teks cerpen yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia tingkat SMP. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen pendukung yang berupa tabel panduan analisis karakterisasi tokoh dan tabel identifikasi karakterisasi tokoh berdasarkan teknik analitis, teknik dramatis, dan teknik sudut pandang. Kegiatan analisis data dilakukan dengan membaca dengan seksama data yang telah diperoleh, menggolongkan dan mengkode data sesuai dengan pedoman karakterisasi tokoh,mencatat data yang berupa kutipan-kutipan cerpen yang sesuai dengan pedoman karakterisasi tokoh, memaknai data yang telah diperoleh dengan menyesuaikan hasil analisis dengan teori yang digunakan, dan menyimpulkan hasil analisis data yang berupa karakterisasi tokoh yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia tingkat SMP. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan yang dilakukan dengan tiga cara.Pertama, peneliti membaca berulang-ulang dengan teliti teks cerpen dalam buku teks bahasa Indonesia tingkat SMP yang telah diperoleh. Kedua, peneliti melakukan diskusi dan konsultasi kepada dosen pembimbing tentang hasil analisis yang telah dilakukan. Ketiga, peneliti melakukan diskusi dengan teman sejawat yang dapat mendukung penelitian.

Berdasarkan temuan penelitian, peneliti memperoleh tiga temuan.Pertama,karakterisasi tokoh cerpen dalam buku teks tingkat SMP berdasarkan teknik analitis banyak menggunakan teknik tuturan pengarang. Kedua, karakterisasi tokoh cerpen dalam buku teks tingkat SMP berdasarkan teknik dramatis banyak menggunakan teknik jatidiri penutur tokoh protagonis.Ketiga, karakterisasi tokoh cerpen dalam buku teks tingkat SMP berdasarkan teknik sudut pandang banyak menggunakan teknik pencerita “aku” tokoh utama.

 

Dari hasil penelitian disampaikan saran sebagai berikut. Pertama bagi guru, agar menjadikan karakterisasi yang telah ditemukan oleh peneliti sebagai contoh atau sumber inspirasi dalam pembelajaran sastra khususnya penulisan cerpen dengan berdasar karakterisasi yang telah ditemukan oleh peneliti. Keduabagi peneliti lain, agar mengkaji karya sastra khsususnya cerpen dengan menggunakan atau menghubungkan teori sastra dengan teori karakterisasi dengan lebih mendalam. Maka dari itu, penelitian ini dapat dijadikan refrensi bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang cerpen khususnya karakterisasi tokoh.