SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN Kunir Kabupaten Blitar

Nurul Khoirunnisa'

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoirunnisa’, Nurul. 2017. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN  Kunir Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran menulis, teks eksplanasi, MAN Kunir

Pembelajaran menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa selain membaca, berbicara, dan menyimak. Menulis teks eksplanasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang tercantum pada Kurikulum 2013. Pembelajaran menulis teks eksplanasi dilaksanakan pada kelas XI yang dilaksanakan dua pertemuan. Kegiatan pembelajaran tersebut diidentifikasi menggunakan model pembelajaran Treffinger (Creative Problem Solving) sehingga peneliti melakukan observasi lebih lanjut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas XI MAN Kunir Blitar. Deskripsi perencanaan dijabarkan dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Deskripsi pelaksanaan dijabarkan dari proses interaksi antara siswa kelas XI dan guru. Deskripsi penilaian dijabarkan dari penilaian hasil dan proses.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan siswa kelas XI dan guru sebagi subjeknya. Data dalam penelitian ini yaitu data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang meliputi meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pertama, perencanaan yaitu komponen-komponen yang ada dalam RPP. Kedua, pelaksanaan yaitu interaksi antara siswa kelas XI dan Guru Bahasa Indonesia di dalam kelas. Pelaksanaan tersebut meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Ketiga, penilaian yaitu berupa informasi mengenai penilaian yang dilakukan guru dalam kelas dan daftar nilai guru berupa penilaian proses dan hasil. Sumber data dalam penelitian tersebut adalah berupa RPP dan wawancara kepada Guru Bahasa Indonesia MAN Kunir. Sumber data pelaksanaan yaitu guru dan siswa kelas XI MAN Kunir. Sumber data penilaian guru dan RPP yang disusun oleh Guru Bahasa Indonesia.

Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) penilaian pembelajaran. Pertama, perencanaan meliputi identitas RPP yang disusun oleh guru berisi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas, dan waktu. Kompetensi inti tercantum aspek spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi dasar yang tercantum yaitu aspek spiritual, aspek sosial, dan aspek keterampilan. Indikator pencapaian yang mencakup aspek spiritual, aspek sosial, dan aspek keterampilan yaitu menulis dan menyunting teks eksplanasi. Tujuan pembelajaran mencakup aspek sosial dan keterampilan yaitu menulis dan menyunting teks eksplanasi. Materi pembelajaran memuat fakta, konsep, serta prinsip yang meliputi struktur, ciri kebahasaan, dan langkah-langkah penulisan teks eksplanasi. Metode pembelajaran yang menggunakan metode pemberian tugas, tanya jawab, diskusi, dan menggunakan model pembelajaran Treffinger yang telah disesuaikan dengan tujuan dan kondisi siswa. Langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan  terdapat 3 kegiatan utama yaitu motivasi umum, apersepsi, dan kesepakatan langkah kegiatan, kegiatan inti guru mencantumkan kegiatan KD memproduksi teks eksplanasi, kegiatan penutup berisi refleksi. Sumber belajar dipilih oleh guru dari sumber tunggal yaitu buku pelajaran dan buku penunjang. Penilaian dalam RPP guru tercantum penilaian sikap sosial berupa rubrik penilaian sikap sosial dan penilaian keterampilan berupa rubrik penilaian tes kinerja.

Kedua, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua pertemuan yang berisi kegiatan menulis dan menyunting teks eksplanasi. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan inti pertemuan pertama dilakukan dengan siswa mengamati video, menuliskan ide pokok, mencari informasi. Namun, guru belum melakukan pendampingan penulisan berbahasa teks eksplanasi dengan tepat. Pada pertemuan kedua dilakukan untuk menyunting  teks yang telah ditulis siswa pada pertemuan pertama. Kegiatan ini dengan menukar teks eksplanasi mereka, menandai bagian yang kurang tepat, dan memberi masukan perbaikan. Oleh karena itu, guru sudah melakukan pendampingan penulisan teks eksplanasi dengan tepat.

Ketiga, penilaian pembelajaran. Penilaian meliputi aspek sikap dan keterampilan. Penilaian aspek keterampilan dilakukan secara terbuka di dalam kelas bersama siswa sedangkan aspek sikap dilakukan oleh guru dengan mencatat pada jurnal perkembangan sikap. Namun, penilaian hanya pada kelompok sehingga kemampuan setiap individu belum terlihat.

 

Berdasarkan hasil penelitian, saran diberikan kepada siswa, guru, dan peneliti selanjutnya. Pertama siswa, diharapkan mampu lebih aktif, kreatif, dan bekerjasama dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kedua, guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang lainnya sehingga pembelajaran tidak monoton. Ketiga, peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberi variasi tentang penelitian pembelajaran menulis teks eksplanasi.