SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA/MA di Kota Pasuruan

siti choiriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Choiriyah, Siti. 2017.

Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA/MA

di Kota Pasuruan

. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan

Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: Dr.

Martutik, M.Pd.

Kata Kunci

menulis, teks eksposisi

Menulis adalah kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa

tulis untuk disampaikan kepada pembaca. Salah satu kompetensi dasar menulis

dalam standar isi bahasa Indonesia kelas X SMA/MA pada Kuriku

lum 2013 adalah

menulis teks eksposisi. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan menulis

teks eksposisi siswa kelas X SMA/MA di Kota Pasuruan. Kemampuan menulis ini

dilihat dari aspek isi yang mencakup kelengkapan struktur isi teks eksposisi yang

mel

iputi judul, tesis, argumen, dan penutup, serta aspek bahasa yang meliputi

pilihan kata, keefektifan kalimat, dan ejaan.

Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan jenis

penelitian kuantitatif. Data penelitian ini berupa skor kemamp

uan menulis teks

eksposisi dengan instrumen penelitian berupa petunjuk perintah tes menulis, dan

pedoman penilaian. Analisis data meliputi (1) tahap penyekoran, (2) tahap tabulasi,

(3) tahap interpretasi, dan (4) tahap penyajian hasil penelitian.

Berdasar

kan hasil analisis data diketahui bahwa

kemampuan siswa kelas

X SMA/MA di Kota Pasuruan dalam menulis teks eksposisi, dari aspek isi

, yang

meliputi penulisan judul, tesis, argumen dan penutup, kualifikasi sangat baik

sebesar 15,58%, kualifikasi baik sebesa

r 44,16%, kualifikasi cukup baik sebesar

15,58%, dan kualifikasi kurang baik sebesar 24,68%. Kemampuan menulis struktur

teks eksposisi yang paling tinggi yaitu aspek penutup dengan persentase mampu

sebesar 74,03%, sedangkan yang paling rendah yaitu aspek a

rgumentasi dengan

persentase mampu sebesar 51,95%.

Nilai rata

rata kemampuan siswa dalam

menulis teks eksposisi pada aspek struktur yaitu 83,7. Dengan demikian siswa kelas

X SMA/MA di Kota Pasuruan dapat dikatakan baik dalam menulis struktur teks

eksposisi

Dari aspek bahasa yang meliputi segi pemilihan kata, penggunaan kalimat

efektif dan ejaan, kualifikasi sangat baik sebesar 2,6%, kualifikasi baik sebesar

9,1%, kualifikasi cukup baik sebesar 29,87%, dan kualifikasi kurang baik sebesar

58,44%. Kemampuan m

enulis teks eksposisi pada aspek bahasa yang paling tinggi

yaitu aspek pilihan kata dengan persentase mampu sebesar 44,15%, sedangkan

yang paling rendah yaitu aspek penggunaan ejaan dengan persentase mampu

sebesar 12,99%.

Nilai rata

rata kemampuan siswa da

lam menulis teks eksposisi

pada aspek bahasa yaitu 57,4.

Dengan demikian siswa kelas X SMA/MA di Kota

Pasuruan dapat dikatakan kurang dalam menulis teks eksposisi pada aspek bahasa.

emampuan siswa

kelas X SMA/MA di Kota Pasuruan

secara

keseluruhan dalam

menulis teks eksposisi, yaitu kualifikasi sangat baik sebesar

5,19%, kualifikasi baik sebesar 31,17 %, kualifikasi cukup baik sebesar 35,06%,

dan kualifikasi kurang baik sebesar 28,57%. Dari k

eseluruhan aspek penilaian,

kemampuan siswa

kelas X

SMA/MA di Kota Pasuruan dalam menulis teks

ii

ek

s

posisi menunjukkan nilai rata

-

rata 7

2,5.

Dengan demikian, siswa

kelas X

SMA/MA di

Kota

Pasuruan dapat dikatakan

cukup

dalam menulis teks eksposisi.

Berdasarkan analisis data, kemampuan menulis teks eksposisi s

iswa yang

berasal dari sekolah akreditasi B lebih baik dari pada siswa yang berasal dari

sekolah berakreditasi A. Oleh karena itu, dapat

disimpulkan bahwa tinggi

rendahnya kemampuan

siswa dalam

menulis

teks eksposisi tidak

dipengaruhi oleh

tingkat

akredita

si sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diberikan saran

kepada dua pihak yaitu guru bahasa Indonesia dan peneliti lain.

Pertama

, kepada

guru bahasa Indonesia SMA/MA di Kota Pasuruan, guru disarankan melatih siswa

mengelaborasi pembela

jaran menulis teks eksposisi, lebih menekankan siswa untuk

membaca sehingga wawasan siswa bertambah, menekankan kembali penggunaan

ejaan dalam menulis dengan menggunakan pedoman editing (

self editing

).

Kedua

,

kepada peneliti lain, disarankan untuk menjadik

an penelitian ini sebagai pijakan

untuk mengembangkan bahan ajar, media pembelajaran, atau melakukan penelitian

tindakan kelas untuk meningkatkan hasil kegiatan menulis siswa kelas X SMA/MA

di Kota Pasuruan.