SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menyimak Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Malang

Ratih Eka Oktavia

Abstrak


ABSTRAK

 

Eka, Oktavia Ratih. 2017. Kemampuan Menyimak Teks Biografi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Dr. Nurchasanah, M.Pd

 

Kata kunci: kemampuan menyimak, teks biografi

Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang pertama kali dilakukan oleh seseorang dalam kegiatan berkomunikasi untuk saling berkomunikasi. Kegiatan menyimak memiliki peran penting bagi peserta didik. Akan tetapi, saat ini pembelajaran menyimak di sekolah kurang mendapat perhatian. Kegiatan menyimak dalam penelitian ini menggunakan teks biografi sebagai bacaan yang disimak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Kemampuan Menyimak Teks Biografi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Malang. Fokus penelitian ini adalah: 1) kemampuan menyimak tingkat pertanyaan pemahaman literal teks cerita biografi pada kelas VIII SMPN 4 Malang, 2) kemampuan menyimak tingkat pertanyaan reorganisasi teks cerita biografi pada kelas VIII SMPN 4 Malang, 3) kemampuan menyimak tingkat pertanyaan inferensi teks cerita biografi pada kelas VIII SMPN 4 Malang, 4) kemampuan menyimak tingkat pertanyaan evaluasi teks cerita biografi pada kelas VIII SMPN 4 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan disusun dengan rancangan penelitian deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Malang pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah seluruhnya adalah 35 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kisi-kisi soal, tes objektif yang berjumlah 40 butir soal dan rubrik penyekoran. Data penelitian ini berupa skor yang hasil penskorannya dianalisis serta dideskripsikan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyimak teks biografi. Pada tahap pengumpulan data, peserta didik diperdengarkan teks biografi melalui rekaman satu hingga dua kali agar peserta didik benar-benar memahami isi cerita teks, kemudian memberikan pertanyaan berupa soal pilihan ganda yang telah dibuat oleh peneliti untuk dijawab peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak peserta didik kelas VIII SMPN 4 Malang secara umum dikategorikan cukup mampu. Kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Malang secara khusus dalam menjawab pertanyaan Taksonomi Barret dengan aspek pertanyaan pemahaman literal termasuk dalam kategori mampu dengan persentase 72,05%. Kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Malang menjawab pertanyaan Taksonomi Barret dengan aspek pertanyaan reorganisasi  termasuk dalam kategori kurang mampu dengan persentase 49,70%. Kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Malang menjawab pertanyaan Taksonomi Barret dengan aspek pertanyaan inferensi termasuk dalam kategori cukup mampu dengan persentase 60,58%. Kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Malang menjawab pertanyaan Taksonomi Barret dengan aspek pertanyaan evaluasi termasuk dalam kategori kurang mampu dengan persentase 53,52%.

 

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk lebih memperhatikan dan memberi beberapa latihan tentang pembelajaran menyimak khususnya pada aspek Teori Taksonomi Barret (pemahaman literal, reorganisasi, inferensi dan evaluasi). Pada aspek pertanyaan pemahaman literal saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan daya ingat peserta didik, yaitu dilakukan dengan cara terus-menerus memberikan pelatihan berupa tes yang melibatkan aktivitas mengingat. Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan kemampuan menyimak khususnya pada aspek pertanyaan reorganisasi adalah guru sering memberikan pelatihan tentang aspek menata kembali apa yang baru saja disimak. Saran tersebut dilatihkan kepada peserta didik bertujuan agar peserta didik dapat berpikir secara sistematis. Pelatihan tersebut dapat berupa mengklasifikasi, meringkas bahan bacaan dan menyintesis khususmya pada aspek menyimak. Saran yang dapat dilakukan adalah sering diadakannya suatu latihan dengan kegiatan menyimpulkan yang dapat meliputi dari segi bahasa dan isi. Kemudian saran terakhir yaitu pada aspek pertanyaan evaluasi yaitu peserta didik dituntut untuk sering mengerjakan latihan soal tentang bagaimana caranya menilai suatu bacaan dari bahan yang disimak baik dari segi bahasa maupun dari segi isinya. Penilaian tersebut dapat dilakukan jika penyimak dapat mengetahui, memahami, menganalisis, dan menginterpretasi makna dari suatu bacaan yang disimak. selain itu, disarankan kepada peneliti lain untuk menguji kemampuan menyimak dengan metode realibilitas atau daya beda dan daya sukar.