SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kalimat Bahasa Indonesia dalam Facebook Mahasiswa BIPA Program In-Country Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Nila Andriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kalimat merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam komunikasi berbahasa Indonesia. Kalimat bahasa Indonesia banyak ditemukan dalam status dan komentar facebook mahasiswa Program In Country. Kalimat yang ditulisnya memiliki ciri khas sebab mahasiswa Program In Country merupakan mahasiswa yang baru belajar bahasa Indonesia. Program In Country merupakan salah satu program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (selanjutnya disebut BIPA) Universitas Negeri Malang. Program In Country merupakan kerjasama Universitas Negeri Malang dengan jurusan ASEAN Studies Universitas Walailak, Thailand. Mahasiswa In Country melakukan komunikasi melalui media sosial facebook. Facebook digunakan oleh mahasiswa program In Country untuk melakukan komunikasi tulis, misalnya status dan komentar ditulis dengan menggunakan kalimat berbahasa Indonesia.Facebook merupakan jaringan sosial yang memungkinkan terjadinya percakapan secara berkepanjangan. Hal ini dimungkinkan akan muncul kalimat-kalimat yang relatif banyak dan variatif. Dengan demikian, facebook dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar berbahasa Indonesia informal yang tepat.Oleh karena itu, penelitian tentang kalimat bahasa Indonesia dalam facebook mahasiswa BIPA Program In Country menarik untuk di teliti.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kalimat bahasa Indonesia dalam status dan komentar yang ditulis oleh mahasiswa In Country. Selanjutnya, penelitian ini difokuskan padakalimat berdasarkan struktur internalnya dan kalimat berdasarkan ada-tidaknya klausa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis data dipaparkan dalam bentuk deskripsi dan bukan data numerikal sehingga penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif analisis teks. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat dalam status dan komentar facebook mahasiswa In Country.Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi.Analisis data yang dilakukan meliputi proses reduksi datayang mencakup identifikasi data, klasifikasi data, dan kodifikasi data. Selanjutnya, dilakukan penyajian data, penarikan simpulan, dan pengecekan keabsahan temuan.

Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan penelitian tentang kalimat dalam facebook mahasiswa BIPA program In Country. Pertama, kalimat berdasarkan struktur internalnya dalam facebook mahasiswa BIPA program In Country ada yang berstruktur lengkap dan ada yang berstruktur taklengkap. Kalimat yang berstruktur lengkap terdiri atas (1)  kalimat lengkap yang tidak disertai unsur selain (S dan P), (2)  kalimat lengkap yang disertai unsur O (S, P, dan O), (3) kalimat lengkap yang disertai unsur Ket. (S, P, dan Ket) dan (4) kalimat lengkap yang disertai unsur O dan Ket (S, P, O, dan Ket). Kalimat yang berstruktur taklengkap terdiri atas (1) kalimat taklengkap yang tidak disertai unsur selain P (P) dan (2) kalimat taklengkap yang disertai  unsur O (P dan O). Kedua, kalimatberdasarkan ada-tidaknya klausa dalam facebook mahasiswa BIPA program In Country ada yang berklausa dan ada yang takberklausa. Kalimat berklausa terdiri atas (1) kalimat berklausa tidak disertai unsur selain P (P), (2) kalimat berklausa yang disertai  unsur O (P dan O), (3)  kalimat berklausa yang tidak disertai unsur selain (S dan P), (4)  kalimat berklausa yang disertai O (S, P, dan O), (5) kalimat berklausa yang disertai unsur Ket. (S, P, dan Ket), dan (6) kalimat berklausa yang disertai O dan Ket. (S, P, O, dan Ket). Kalimat takberklausa terdiri atas (1) kalimat yang ditulis menggunakan penanda intonasi di awal dan (2) kalimat yang ditulis menggunakan penanda intonasi di awal dan di akhir.

 

Berdasarkanhasil dan simpulan penelitian, terdapat empat saran yang dapat diberikan. Pertama, guru atau pengajar BIPA disarankan untuk lebih memperhatikan kalimat-kalimat bahasa Indonesia agar kalimat bahasa Indonesia yang digunakan oleh mahasiswa lebih variatif. Perhatian tersebut lebih ditekankan pada (1) kalimat berdasarkan struktur internalnya, yaitu kalimat lengkap yang berstruktur (S, P, Pel), (S, P, O, Pel), dan (S, P, O, Pel, Ket) dan kalimat taklengkap yang berstruktur (P dan Pel), (P dan Ket), (P, O, Pel), (P, O, Ket), dan (Ket);dan (2) kalimat berdasarkan ada-tidaknya klausa, yaitu kalimat berklausa yang berstruktur (S, P, Pel), (S, P, O, Pel), (S, P, O, Pel, Ket), (P dan Pel), (P dan Ket), (P, O, Pel), dan (P, O, Ket). Kedua, para tutor BIPA disarankan untuk memajankan kalimat yang variatif di saat jam tutorial. Kalimat yang dipajankan adalah(1) kalimat berdasarkan struktur internalnya, yaitu kalimat lengkap yang berstruktur (S, P, Pel), (S, P, O, Pel), dan (S, P, O, Pel, Ket) dan kalimat taklengkap yang berstruktur (P dan Pel), (P dan Ket), (P, O, Pel), (P, O, Ket), dan (Ket); dan(2) kalimat berdasarkan ada-tidaknya klausa, yaitu kalimat berklausa yang berstruktur (S, P, Pel), (S, P, O, Pel), (S, P, O, Pel, Ket), (P dan Pel), (P dan Ket), (P, O, Pel), dan (P, O, Ket). Ketiga, penulis buku teks atau bahan ajar BIPA disarankan untuk memperbanyak latihan dalam penulisan kalimat bahasa Indonesia agar kalimat bahasa Indonesia  yang ditulis lebih variatif. Latihan tersebut terutama ditekankan pada (1) kalimat berdasarkan struktur internalnya, yaitu kalimat lengkap yang berstruktur (S, P, Pel), (S, P, O, Pel), dan (S, P, O, Pel, Ket) dan kalimat taklengkap yang berstruktur (P dan Pel), (P dan Ket), (P, O, Pel), (P, O, Ket), dan (Ket); dan (2) kalimat berdasarkan ada-tidaknya klausa, yaitu kalimat berklausa yang berstruktur (S, P, Pel), (S, P, O, Pel), (S, P, O, Pel, Ket), (P dan Pel), (P dan Ket), (P, O, Pel), dan (P, O, Ket). Keempat, peneliti lain yang melakukan penelitian yang relevan disarankan untuk melakukan penelitian dengan topik yang berhubungan dengan adanya pemakaian kalimat bahasa Indonesia oleh mahasiswa yang mengikuti program In Country.