SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SUDUT PANDANG DAN PENOKOHAN DALAM CERITA PENDEK SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 9 MALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dita Jaminita Roseptiyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cerita pendek merupakan salah satu bentuk prosa fiksi. Cerpen merupakan karangan fiksi singkat, sederhana, dan berisi masalah tunggal yang habis dibaca sekali duduk. Terdapat dua unsur pembangun cerpen, yaitu unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Kedelapan unsur tersebut saling berkaitan sehingga menjalin cerita yang lengkap.  Menurut beberapa ahli,  sudut pandang dan penokohan merupakan unsur instrinsik yang menarik untuk dikaji. Karena dua unsur instrinsik tersebut mempunyai hubungan, yaitu ketika menetapkan sudut pandang dalam karya cerpennya, penokohan pun berpengaruh pada sudut pandang yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sudut pandang dan penokohan dalam cerita pendek siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kajian teks atau dokumentasi. Data penelitian ini merupakan kutipan teks cerpen yang memenuhi aspek deskripsi tentang sudut pandang dan penokohan dalam cerita pendek siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian ini adalah  23 cerpen karya siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah tabel analisis. Kegiatan analisis dimulai dari  Reduksi data adalah merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan dalam hal-hal yang penting, Penyajian data adalah tahap di mana peneliti melakukan penyajian data tentang sudut pandang dan penokohan ke dalam bentuk tabel,  Penarikan kesimpulan, adalah tahap di mana  peneliti mengemukakan kesimpulan dari analisis data yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya.

Berdasarkan hasil analisis 23 cerpen siswa yang telah dilakukan, terdapat dua sudut pandang yang dominan digunakan  dalam karya cerpen siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang. Sudut pandang meliputi  sudut pandang orang pertama pelaku utama (8 judul cerpen), sudut pandang orang ketiga terbatas (9 judul cerpen), dan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan (6 judul cerpen),

Dari hasil analisis 23 cerpen siswa kelas XI IPS 3 ditemukan teknik penokohan yang dominan digunakan, yaitu  teknik analitik naratif (23 judul cerpen), teknik analitik berupa deskripsi (7 judul cerpen), teknik dramatik berupa monolog (16 judul cerpen), dan teknik dramatik berupa dialog (13 judul cerpen).

 

Berdasarkan hasil penelitian diberikan saran kepada guru bahasa Indonesia SMA Negeri 9 Malang agar selalu melatih siswa menggunakan sudut pandang dan penokohan yang benar dan mengembangkan ke dalam cerita pendek mengingat siswa pada jenjang sekolah menengah merupakan siswa yang mempunyai daya imajinasi yang tinggi sehingga mereka dapat menuangkan ide dan kreativitasnya ke dalam bentuk tulisan terutama cerita pendek. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan subjek yang sama atau berbeda. Terutama dalam menentukan unsur intrinsik pada cerita pendek.