SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karaketeristik Struktur dan Isi Teks Biografi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Malang

Silmi Watsiqoh

Abstrak


ABSTRAK

 

Watsiqoh, Silmi. 2017. Karakteristik Struktur dan Isi Teks Biografi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Malang. Skripsi, Jurursan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dwi Saksomo, M. Si.

 

Kata Kunci: Teks Biografi, Struktur, dan Pengembangan Isi.

 

Teks biografi merupakan teks yang menceritakan tentang kisah hidup seseorang beserta pengalaman-pengalaman hidup yang dialaminya yang ditulis oleh orang lain. Dalam kurikulum 2013 teks biografi diajarkan pada siswa kelas VIII pada jenjang SMP. Dalam pembelajaran bebrbasis teks siswa diharapkan mampu menulis teks yang diajarkan sesuai dengan struktur yang ada dalam teks tersebut.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karangan biografi karya siswa kelas VIII SMPN 21 Malang  dari segi kelengkapan struktur dan pengembangan isinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan studi dokumen. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dengan bantuan instrumen tabel pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks biografi karya siswa yang diminta pada guru pengampuh pelajaran. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah data verbal berupa paparan teks biografi tersebut. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan terdapat beberapa temuan. Berdasarkan struktur isi teks, terdapat 3 temuan yakni teks biografi yang ditulis dengan 3 struktur, teks biografi yang ditulis dengan 2 struktur,  dan  teks biografi yang ditulis dengan 1 struktur. Berdasarkan pola pengembangan isi dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan struktur. Terdapat 9 pola pengembangan yang digunakan dalam mengemabangkan bagian orientasi, yakni pengembangan berdasarkan nama-ciri fisik-sosok, pengembangan berdasarkan nama-informasi kerluraga, pengembangan berdasarkan nama-tempat dan tanggal lahir-informasi keluarga-sosok-riwayat pendidikan, pengembangan berdasarkan nama-tempat dan tanggal lahit-informasi keluarga-masa kecil, nama-tempat dan tanggal lahir, pengembangan berdasarkan informasi keluarga-riwayat pendidikan-masa kecil, pengembangan berdasarkan nama-tempat dan tanggal lahir-riwayat pendidikan-sosok, pengembangan berdasarkan nama-tempat dan tanggal lahir-informasi keluarga-sosok, pengembangan berdasarkan nama-informasikeluarga- tempat dan tanggal lahir, pengembangan berdasarkan nama-informasi keluarga-sosok. Pola pengembangan isi yang ditemukan pada bagian rangkaian peristiwa terdapat 4 pola pengembangan, yakni pengembangan berdasarkan waktu, pengembangan berdasarkan berdasarkan kehidupan pribadi, pengembangan berdasarkan berdasarkan prestasi dan pengembangan berdasarkan berdasarkan pandangan hidup tokoh. Pola pengembangan isi pada bagian reorientasi terdapat 2 pola, yakni pengembangan berdasarkan pandangan penulis danpengembangan berdasarkan harapan penulis

Pola pengembangan paragraf yang digunakan siswa dalam mengembangkan paragraf dalam teks biografinya. Pada bagian orientasi ditemukan siswa hanya menggunakan dua variasi pola yakni pola pengembangan umum-khusus dan pola pengembangan campuran. Pada bagian rangkaian peristiwa siswa menggunakan pola pengembangan contoh-contoh, pengembangan sebab-akibat/akibat-sebab, pengembangan urutan waktu, pola pengembangan perbandingan, dan pengembangan dengan teknik campuran. Sedangkan pada bagian reorientasi siswa menggunakan pola pengembangan sebab-akibat/akibat-sebab, umum-khusus, dan perbandingan.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga saran dalam penelitian ini. Saran pertama adalah saran bagi guru mata pelajaran yaitu diharapkan guru dapat memberikan lebih banyak variasi teks biografi ketika mengajarkan teks biografi kepada siswa agar memberikan lebih banyak wawasan kepada siswa dan memudahkan siswa dalam menyusun teks biografi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan peneliti melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai teks biografi dan melakukan jenis penelitian yang berbeda.