SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Penunjang mengenal, mengingat dan Memahami Aksara Jawa Berbasis Untuk Anak SD Kelas III

Indra Dwi Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran Bahasa Jawa dianggap pembelajaran yang penting di sekolah. Pentingnya pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah juga diperkuat dengan anggapan Bahasa Jawa adalah lambang kebanggaan dan jati diri daerah, alat pergaulan dalam keluarga dan masyarakat, sarana pengungkap dan budaya Jawa, sebagai pendukung pembangunan lokal dan nasional, pendukung proses pembelajaran di SD, pemerkaya perbendaharaan bahasa Indonesia dan lain-lain. Namun, Pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah tidak didukung dengan media pembelajaran yang mewadahi. Hal ini juga terjadi pada pembelajaran Aksara Jawa. Pembelajaran Aksara Jawa tidak didukung dengan ketercukupinya media, jika pun ada, media hanya berupa poster tradisonal. Karena hal tersebut, tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran buku penunjang memahami Aksara Jawa berbasis buku cerita bergambar untuk siswa SD kelas III, sehingga diharapkan dapat memotivasi siswa dalam belajar aksara Jawa.

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menerapkan model five-D yang dikembangkan oleh Pranata (2009). Metode pengembangan five-D diawali dengan define, data, design, develop dan disseminate. Pada tahap define adalah menemukan masalah, menganalisis dan menentukan tujuan. Tahap data adalah mengumpulkan data yang terjadi di lapangan dan data teoritis. Design adalah tahap merancang produk yang diawali dengan pembuatan prototype dan membuat angket penilaian validasi. Tahap develop yakni melakukan penilaian terhadap produk yang diujicobakan pada ahli media, ahli materi dan kelompok kecil. Terakhir disseminate yakni menyebarluaskan produk yang telah valid. Subjek uji coba produk pengembangan adalah satu orang ahli media dan satu orang ahli materi di bidang aksara Jawa dan kelompok kecil merupakan sepuluh anak kelas III SD. Instrumen dalam penelitian pengembangan ini menggunakan kuesioner dengan penilaian skala linkert.

Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku penunjang yang berukuran 21x21 cm, memiliki tampilan full colour dengan berbagai gambar animasi dan memuat cerita di dalamnya. Hasil uji coba produk dalam penelitian pengembangan ini berupa data kuantitatif deskriptif. Tingkat kevalidan dari ahli media sebesar 96.8%, sedangkan kevalidan dari ahli materi mencapai 96.7%, serta uji kevalidan dari uji coba kelompok kecil mencapai 95.54%. hasil ujicoba oleh ahli yang mencapai angka di atas masuk ke dalam kualifikasi sangat valid dan layak digunakan. Revisi yang disarankan oleh ahli media dan ahli materi untuk buku penunjang ini adalah pada bagian judul buku, tampilan cover, tampilan background pada isi buku dan kepenulisan. Profil akhir produk ini di cetak pada art peper ukuran 21cm x 21cm dengan revisi bagian cover di cetak dengan kertas art peper 300 gram.

 

Buku penunjang ini ditujukan untuk anak SD sebagai buku tambahan dalam pempelajari aksara Jawa yang memuat tips-tips mudah memahami dan menghafal aksara Jawa. Buku penunjang ini digunakan sebaga buku tambahan belajar anak SD untuk belajar aksara Jawa, oleh karena itu diperlukn produksi secara masal untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Produk pengembangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi praktisi pendidikan atau pihak lain untuk mengembangkan buku serupa sebagai wujud mempermudahkan anak-anak dalam mempelajari aksara Jawa. Perlunya penambahan lay out berupa gambar-gambar ilustrasi yang sesuai dengan umur pembaca agar pembaca lebih tertarik. Pengembangan media pembelajaran untuk mempelajari aksara Jawa tidak hanya melalui buku penunjang interaktif namun juga dapat menggunakan media elektronik maupun yang lain.