SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ALIH KODE BAHASA INDONESIA KE DALAM BAHASA SUMBAWA DALAM PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASAPENGANTAR PEMBELAJARAN DI SMAN 3 SUMBAWA BESAR, NTB

Titik Rahayu Arianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Arianti, Titik Rahayu. 2017. Alih Kode Bahasa Indonesia ke Bahasa Dalam Sumbawa dalam Pemakaian Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pengantar Pembelajaran di SMAN 3 Sumbawa Besar, NTB. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata kunci: alih kode bahasa, bahasa Indonesia,  pengantar pembelajaran.

Masyarakat Sumbawa Besar merupakan masyarakat dwibahasawan, karena mampu menguasai dua bahasa atau lebih dalam berkomunikasi. Guru Kimia, Fisika, dan Matematika yang mengajar pada kelas XI IPA di SMAN 3 Sumbawa Besar merupakan dwibahasawan yang menguasai bahasa Sumbawa sebagai bahasa ibu dan menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi yang diterapkan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Penguasaan dua bahasa oleh guru yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Sumbawa mengakibatkan terjadinya peralihan kode bahasa yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini guru beralih kode dari kode bahasa Indonesia ke kode bahasa Sumbawa.

Pemakaian dua bahasa berimplikasi terhadap fenomena alih kode. Alih kode yang dilakukan oleh  guru Kimia, Fisika, dan Matematika pada kelas XI IPA di SMAN 3 Sumbawa Besar pada saat kegiatan belajar mengajar dikhususkan pada alih kode antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor-faktor penyebab alih kode

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian berupa alih kode percakapan dalam bentuk percakapan  yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas XI IPA di SMAN 3 Sumbawa Besar dan hasil wawancara terhadap guru Kimia, Fisika, dan Matematika kelas XI IPA di SMAN 3 Sumbawa Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan perekaman saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mentranskrip data yang dilakukan dengan cara menulis kembali hasil perekaman, dan identfkasi data yang dilakukan dengan cara membaca keseluruhan hasil transkrip data. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa alat perekam dan pedoman wawancara.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, peneliti menemukan bentuk alih kode dalam pembelajaran Kimia, Fisika, dan Matematika kelas XI IPA di SMAN 3 Sumbawa Besar yaitu alih kode dengan kode dasar bahasa Indonesia ke bahasa Sumbawa atau disebut juga alih kode antarbahasa.

Kedua, terdapat dua faktor penyebab alih kode, yaitu (1) menghormati lawan tutur dengan tujuan  untuk menanyakan sesuatu, dan (2) faktor keaakraban dengan tujuan untuk memerintahkan sesuatu, menanyakan sesuatu, dan memberitahukan sesuatu kepada mitra tutur.

Arianti, Titik Rahayu. 2017. Code Switching of Indonesian Into Sumbawa Language in the use of Indonesian as Language of Lesson Introductory at SMAN 3 Sumbawa Besar, NTB. Thesis, Majoring of Indonesian Literature, Faculty of Letters, State University of Malang. Adviser: Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Keywords: language code switching, Indonesian language, introductory lessons.

Sumbawa Besar people is a bilingual society, because being able to master two or more languages in communication. Teacher of Chemistry, Physics, and Mathematics are teach in class XI IPA at SMAN 3 Sumbawa Besar is a bilingual master Sumbawa language as a mother language and master the Indonesian language as applied communication in teaching and learning in the classroom.

The mastery of two languages by teachers, Indonesian and Sumbawa language are resulted language code switching in learning activities in the classroom. In this study, teachers switching codes from indonesian language code to Sumbawa language code.

Used of two languages has implications for the phenomenon of code switching. Instead of code done by teachers of Chemistry, Physics and Mathematics in grade XI IPA at SMAN 3 Sumbawa Besar at the time of teaching and learning activities devoted to the language code switching between one language to another. This study aimed to describe the shape and the causal factors of code.

This study used a qualitative research design. Research data over the conversation code in the form of conversations that took place in the teaching and learning activities in class XI IPA at SMAN 3 Sumbawa Besar and interviews to teachers of Chemistry, Physics, and Mathematics grade XI IPA at SMAN 3 Sumbawa Besar. The data collection is done by recording during teaching and learning activities in class, transcribing the data is done by rewriting the recording results, and identfkasi data is done by reading the entire transcript data. The instrument used to collect data in the form of a tape recorder and interview guidelines.

Based on the analysis, conclusions obtained the following results. First, the researchers found a form of code switching in learning Chemistry, Physics, and Mathematics grade XI IPA at SMAN 3 Sumbawa Besar is rather basic code with Indonesian to Sumbawa or also known as code switching between languages.

 

Secondly, there are two factors that cause over the code, namely (1) respect for opponents said with the intention of asking, and (2) factors intimacy with the aim to govern, ask, and tell something to the hearer.