SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teks Tanggapan Kritis dalam Surat Kabar Harian Jawa Pos (Online)

Reca Fitry Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Reca Fitry. 2017. Teks Tanggapan Kritis dalam Surat Kabar Harian Jawa Pos (Online). Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, FS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd.

 

Kata kunci: wujud tanggapan kritis, teks tanggapan kritis

 

Teks tanggapan kritis adalah teks yang menyajikan pandangan penulis berdasarkan satu sisi dari permasalahan yang menurut penulis dianggap kurang sesuai. Teks tanggapan kritis bertujuan untuk menyebarluaskan suatu teks dari sudut pandang  tertentu. Teks tanggapan kritis juga berkaitan erat dengan proses berbicara dalam menanggapi suatu permasalahan secara kritis. Hal ini menyebabkan dalam teks tanggapan kritis terdapat kalimat dan/atau paragraf yang berisi tanggapan berupa komentar terhadap suatu hal yang menurut penulis dianggap salah.

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji wujud tanggapan kritis dan tataan wujud tanggapan kritis dalam teks. Secara khusus, penelitian ini mengkaji (1) wujud tanggapan kritis berupa kritik, saran, ajakan, dan pendapat penulis; dan (2) tataan wujud tanggapan kritis beralaskan kritik, ajakan, dan pendapat penulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah analisis wacana.

Data penelitian ini berupa kalimat dan/atau paragraf yang didalamnya terdapat wujud tanggapan kritis. Sumber data penelitian ini adalah teks tanggapan kritis surat kabar harian Jawa Pos (online). Dalam penelitian ini, peneliti bertugas sebagai pengumpul data, pengolah data, dan penganalisis data. Pada penelitian ini analisis data meliputi empat tahap, yaitu deskripsi dan reduksi data, penafsiran data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini memperoleh empat wujud tanggapan kritis dan tiga tataan wujud tanggapan kritis. Pada wujud tanggapan kritis dapat dibagi atas kritik, saran, ajakan, dan pendapat penulis. Pada tataan wujud tanggapan kritis dibedakan menjadi (1) tataan wujud tanggapan kritis beralaskan kritik, (2) tataan wujud tanggapan kritis beralaskan ajakan, (3) tataan wujud tanggapan kritis beralaskan pendapat penulis.

Wujud tanggapan kritis berupa kritik dapat diklasifikasikan berdasarkan sasaran pelaku, keadaan, dan kebijakan. Wujud tanggapan kritis berupa kritik sasaran (1) pelaku digunakan untuk mengemukakan penilaian terhadap seseorang yang menurut penulis dianggap kurang sesuai; (2) keadaan digunakan untuk mengemukakan penilaian terhadap situasi yang menurut penulis dianggap kurang sesuai; (3) kebijakan digunakan untuk mengemukakan penilaian terhadap kebijaksanaan yang dibuat oleh seseorang yang menurut penulis dianggap kurang sesuai.

Wujud tanggapan kritis berupa saran dapat diklasifikasikan berdasarkan sasaran pelaku, keadaan, dan kebijakan. Wujud tanggapan kritis berupa saran sasaran (1) pelaku digunakan untuk memaparkan alasan penyelesaian masalah seseorang; (2) keadaan digunakan untuk memaparkan alasan penyelesaian masalah situasi; (3) kebijakan digunakan untuk memaparkan alasan penyelasaian masalah kebijaksaan.

Wujud tanggapan kritis berupa ajakan hanya memiliki sasaran pelaku. Hal ini disebabkan pada wujud tanggapan kritis berupa ajakan hanya ditujukan untuk seseorang. Wujud tanggapan kritis berupa ajakan sasaran pelaku digunakan untuk mengungkapkan suatu perintah untuk melakukan sesuatu.

Wujud tanggapan kritis berupa pendapat penulis dapat diklasifikasikan berdasarkan pelaku dan keadaan. Wujud tanggapan kritis berupa pendapat penulis sasaran (1) pelaku digunakan untuk memaparkan pernyataan berisi informasi terhadap seseorang berdasarkan pemikiran penulis; (2) keadaan digunakan untuk memaparkan pernyataan berisi informasi terhadap situasi berdasarkan pemikiran penulis.

Terdapat tiga alas dalam tataan wujud tanggapan kritis, yakni kritik, ajakan, dan pendapat penulis. Tatan wujud tanggapan kritis beralaskan kritik dapat diklasifikasikan berdasarkan sasaran pada alas wujud tanggapan kritis berupa kritik yang digunakan, yakni pelaku, keadaan, dan kebijakan.  Tataan wujud tanggapan kritis beralaskan ajakan dapat diklasifikasikan berdasarkan sasaran pada alas wujud tanggapan kritis berupa ajakan yang digunakan,  yakni pelaku. Tataan wujud tanggapan kritik beralaskan pendapat penulis dapat diklasifikasikan berdasarkan sasaran pada alas wujud tanggapan kritis berupa pendapat penulis yang digunakan, yakni pelaku dan keadaan.

Saran yang diajukan peneliti berdasarkan hasil penelitian kepada praktisi pembinaan dan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah, yakni penyusun buku teks, guru bahasa Indonesia, dan peneliti tanggapan kritis. Penyusun buku teks bahasa Indonesia dapat menggunakan penelitian ini sebagai tambahan referensi untuk menekankan pembinaan menyusun tanggapan kritis dalam pengajaran bahasa Indonesia. Bagi guru bahasa Indonesia dalam menjelaskan, menyampaikan, dan melatih tanggapan kritis hendaknya memperhatikan wujud tanggapan kritis yang digunakan dalam teks, yakni kritik, saran, ajakan, dan pendapat penulis. Bagi peneliti dalam meneliti tanggapan kritis, khususnya wujud tanggapan kritis dan tataan wujud tanggapan kritis peneliti dapat memperoleh hasil yang lebih mendalam tentang tanggapan kritis.