SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS PROSEDUR KELAS VIII SMP NEGERI 15 MALANG

Putri Faulinadiah Yusuf

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran memahami teks prosedur kelas VIII SMPN 15 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan tiga tahap pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap perencanaan dan pelaksanaan dilakukan guru dengan baik meskipun tidak semua kegiatan dalam perencanaan dilakukan saat pelaksanaan pembelajaran. Tahap penilaian yang dilakukan guru kurang maksimal dikarenakan waktu pembelajaran terpotong dengan kegiatan lain.  Temuan tersebut membuktikan bahwa guru kurang mengontrol waktu pembelajaran dengan baik sehingga penilaian pembelajaran tidak dilakukan setiap pertemuan.