SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Bahan Ajar Menulis Geguritan yang Bermuatan Nilai Karakter untuk Siswa SMA/SMK Kelas XI

citra nur faidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian dan Pengembangan bahan ajar menulis geguritan yang bermuatan pendidikam karakter dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan dengan melakukan wawancara terhadap guru dan siswa. Dari hasil wawancara diperoleh informasi yang dapat dijadikan sebagai landasan pengembangan bahan ajar. Informasi tersebut berupa kendala yang sering dihadapi siswa dan guru dalam pembelajaran menulis geguritan diantaranya, (1)Siswa merasa kesulitan dalam membuat sebuah geguritan, (2)kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis geguritan,(3) belum tersedianya bahan ajar yang memuat materi, contoh, langkah—langkah menulis geguritan, (4)siswa tidak menerima sumber belajar menulis geguritan, (5) tidak adanya bahan ajar menulis geguritan yang bermuatan pendidikan karakter, (6) guru perlu memerlukan bahan ajar yang dapat menunjang proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai secara maksimal. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis geguritan yang bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMA/SMK/MA kelas XI dengan memperhatikan unsur isi, penyajian sistematika, penggunaan bahasa dan tampilan.

Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini menggunakan rancangan pengembangan bahan ajar yang mengadaptasi dari model pembelajaran Brog dan Gall. Berdasarkan prosedur pengembangan tersebut, terdapat tujuh tahapan, yakni (1) Studi pendahuluan (2) perencanaan pengembangan, (3) pengembangan draf produk (4) uji coba produk, (5) revisi hasil uji coba (6) uji  lapangan (7) penyempurnaan produk akhir. Produk penelitian ini berupa produk bahan ajar menulis geguritan yang bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMK/ SMA/MA kelas XI. Uji kelayakan produk dilakukan kepada ahli materi bahasa Jawa, ahli penulisan buku, ahli praktisi dan uji lapangan. Data penenlitian pengembangan ini berupa data verbal dan data nonverbal. Data verbal pada penelitian berupa data tulis dan data lisan. Data verbal tulis berupa saran perbaikan yang ditulis oleh subjek uji coba, praktisi  (guru), lapangan (siswa). data verbalisan berupa informasi yang diperoleh dari wawancara dengan subjek coba, praktisi (guru), siswa. Data nonverbal berupa numerik atau skor yang ditulis oleh subjek ujicoba pada lembar peniliaan atau angket. Pengumpulan data pada dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara dan angket.

 

Uji produk melibatkan tiga uji, yaitu (1) uji ahli, (2)uji praktisi, dan (3)uji lapangan. Hasil uji ahli dan praktisi meliputi tujuh aspek, yakni (1)keakuaratan materi  yang mencapai penilaian 87,5%  dari ahli materi  dan 93,75% dari ahli kepenulisan (2) kedalaman materi92% dari ahli materi (3) kelengkapan materimencapai penilaian94% dari ahli materi (4) aspek bahasa mencapai penilaian 87,5%dari ahli materi (5) tampilan mencapai penilaian 100%  dari ahli kepenulisan dan 82,5% dari ahli praktisi  (6) sistematika mencapai penilaian 100% dari ahli praktisi (7) deskripsi buku mencapai penilaian 95% dari ahli praktisi.Uji lapangan melibat siswa SMK Adihusada Malang dengan penilaian mencapai 87,4%. Hasil pengujian diatas menunjukan bahwa bahan ajar menulis geguritan bermuatan nilai karakter sangat layak untuk diterapkan di sekolah khususnya di daerah Malang.