SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan kemampuan menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa pada siswa kelas 1B SDN made 4 Lamngan menggunakan kartu pintar Bahasa Jawa

M Bagus Ishomuddin

Abstrak


ABSTRAK

Ishomuddin, M. Bagus. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Suku Kata dan Kata Bahasa Jawa menggunakan Kartu Pintar Bahasa Jawa pada Kelas 1B SDN Made 4 Lamongan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. FS. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M. Pd

Kata Kunci: kemampuan menulis, menulis suku kata dan kata, media kartu pintar Bahasa Jawa.

Pembelajaran menulis suku kata dan kata sudah diajarkan kepada siswa kelas IB SDN Made 4 Malang sesuai dengan KTSP. Terkait dengan pembelajaran menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa di sekolah tersebut, dilakukan studi pendahuluan atau tahap pratindakan dengan hasil bahwa (1) siswa cenderung bingung membedakan penulisan ‘A’ dan ‘O’. Siswa cenderung menuliskan apa yang mereka ucapkan, tanpa memperhatikan benar atau salah penulisan kata tersebut seperti contoh pada kata mata, irung dan sikil dalam penulisan Bahasa Jawa, kata mata, irung dan sikil  tetap ditulis mata, irung dan sikil bukan moto, erong dan sekel. Namun, banyak siswa kelas IB SDN Made 4 menulis kata mata, irung dan sikil seperti apa yang mereka ucapkan moto, erong dan sekel, (2) kurangnya pemahaman antara pengucapan dan penulisan siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa, (3) siswa kurang konsentrasi terhadap pembelajaran karena media yang digunakan kurang menarik.

Kesulitan penulisan Bahasa Jawa disebabkan oleh kurangnya pemahaman antara penulisan dengan pengucapan. Oleh karena itu, permasalahan tersebut diatasi dengan penggunaan media kartu pintar Bahasa Jawa untuk lebih mengkhususkan pokok persoalan dalam menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa. Media kartu dipilih karena  media kartu mudah dibawa, mudah dipahami dan gambar yang disediakan mampu menarik minat siswa untuk belajar Bahasa Jawa.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa menggunakan media kartu pintar Bahasa Jawa pada siswa kelas IB SDN Made 4 Lamongan, (2) mendeskripsikan peningkatkan hasil kemampuan menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa dengan memanfaatkan media kartu pintar Bahasa Jawa pada siswa kelas IB SDN Made 4 Lamongan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) pratindakan, (2) perencanaan tindakan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) refleksi hasil tindakan. Data penelitian ini berupa data proses dan data hasil. Data proses berupa perlaku siswa saat proses pembelajaran menulis suku kata dan kata yang dilakukan siswa dan guru di kelas, sedangkan data hasil berupa skor kemampuan menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan observasi menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan rubrik penilaian proses, sedangkan data hasil dilakukan dengan tes yang dinilai menggunakan rubrik penilaian hasil menulis suku kata dan kata. Data proses dan data hasil yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menyeleksi, mengoreksi, menskor, dan menyimpulkan.

Hasil penelitian menunujukkan bahwa media kartu pintar Bahasa Jawa mampu meningkatkan kinerja pembelajaran menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa pada proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses tergambar (1) siswa lebih antusias dalam melaksanakan intruksi latihan dan melaksanakan tugas dengan tepat waktu,  (2) siswa lebih antusias dan serius dalam mengerjakan tes menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa, (3) siswa perhatian dalam mendengarkan penjelasan guru (4) siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mpembelajaran menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa. Peningkatan hasil terlihat pada aspek, (1) siswa mampu menulis suku kata dengan tepat, (2) siswa mampu menulis kata dengan tepat. Peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis suku kata dan kata diikuti pula dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam menulis suku kata dan kata. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa 65, pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah  84,06 dan pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 91,42.

Penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa mampu meningkatkan kemampuan menulis suku kata dan kata Bahasa Jawa. Media kartu mampu menarik perhatian siswa dan menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan. Gambar dalam media kartu, disesuaikan dengan keadaan sekitar, penjelasan guru membantu siswa dalam mengerjakan tes yang sekaligus ada pada kartu media. Pemberian contoh secara langsung dalam setiap tahapan menulis, bimbingan individu merata, pemberian waktu yang cukup, pemberian penguatan secara verbal dan nonverbal yang diberikan guru, menjadi motivasi siswa dalam menulis.

 

Media kartu mampu meningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis suku kata dan kata. Oleh karena itu, disarankan kepada, (1) guru-guru yang mengajar Bahasa Jawa, agar menggunakan media kartu untuk meningkatkan kemampuan menulis suku kta dan kata, dan (2) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan menggunakan media kartu dalam bentuk keterampilan berbahasa yang lain.