SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Pengantar Teori Sastra Anak

Ahmad Basri

Abstrak


ABSTRAK

Basri, Ahmad. 2016. Pengembangan Buku Pengantar Teori Sastra Anak. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd. dan (2) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

Kata kunci: anak, sastra anak, buku referensi

Dunia anak merupakan dunia yang unik dan penuh imajinasi. Oleh karena itu, perlu penanganan yang maksimal agar dunia tersebut dapat berkembang dengan baik, termasuk dalam hal bacaan bagi mereka. Bacaan sastra (anak) menjadi bidang khusus dalam kajian bacaan anak. Tak heran apabila sastra anak menempati bidang keilmuan tersendiri. Namun, hal tersebut belum didulang dengan penyediaan buku rujukan yang memadai. Artinya, buku rujukan tentang sastra anak masih relatif sedikit. Walapaun ada rujukan dalam bahasa Inggris, tetapi tidak mudah diakses oleh mahasiswa. Kurangnya penyediaan buku rujukan tersebut, mengakibatkan mahasiswa kesulitan dalam mengakses buku rujukan sastra anak. Dengan demikian, penelitian dan pengembangan ini menghasilkan buku referensi sastra anak. Pengembangan buku referensi ini menitikberatkan pada topik tertentu, yaitu mengenai cerita dan puisi sebagai komponen dalam bahasan buku. Selain itu, penambahan bahasan unsur budaya yang berusaha memberikan wawasan kebudayaan dalam sastra anak.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini, yaitu (1) menghasilkan produk buku referensi yang berjudul Pengantar Teori Sastra Anak dan (2) melaporkan hasil uji produk buku tersebut.

Metode penelitian dan pengembangan ini mengutip pendapat Sugiyono yang mengemukakan 10 langkah penelitian dan pengembangan. Namun, dari 10 langkah tersebut, kemudian dimodifikasi menjadi 6 langkah. Keenam langkah penelitian dan pengembangan ini adalah (1) studi pendahuluan, (2) desain produk, (3) pengembangan produk, (4) uji produk, (5) revisi produk, dan (6) produk. Uji produk dilakukan dengan melibatkan ahli bidang sastra anak dan ahli bidang penulisan ilmiah.

Data penelitian dan pengembangan ini adalah data nonverbal dan data verbal. Data nonverbal berupa angka-angka atau skor dari hasil uji validasi produk. Data verbal berupa  komentar, kritik dan saran; baik secara tertulis maupun lisan. Angket penilaian digunakan peneliti sebagai instrumen pengumpul data.

Hasil uji pengembangan buku referensi sastra anak adalah sebagai berikut. Pertama, hasil uji ahli bidang sastra anak menunjukkan bahwa secara keseluruhan komponen mendapat kriteria 4, masuk dalam kategori B, berarti buku referensi sastra anak berkualifikasi layak untuk diimplementasikan (I-2) dengan rata-rata persentase 77,5%. Adapun penilaian secara rinci tiap komponen adalah (1) komponen isi berkualifikasi layak (80%); (2) komponen kesesuaian teori dengan contoh berkualifikasi layak (80%); (3) komponen ilustrasi masuk dalam kualifikasi layak (80%); dan komponen simpulan atau inferensi pada isi masuk dalam kualifikasi layak (70%). Kedua, hasil uji ahli bidang penulisan ilmiah menunjukkan bahwa secara keseluruhan komponen mendapat kriteria 4, masuk dalam kategori B, berarti buku referensi sastra anak berkualifikasi layak untuk diimplementasikan (I-2) dengan rata-rata persentase 80%. Masing-masing penilaian komponen adalah (1) komponen judul buku masuk dalam kualifikasi layak (80%); (2) komponen pembagian bab masuk dalam kualifikasi layak (80%); (3) komponen bahasa  masuk dalam kualifikasi layak (80%); dan (4) komponen kelengkapan buku masuk dalam kualifikasi layak (80%).

Selain hasil penilaian tersebut, para ahli juga memberi komentar berupa kritik dan saran. (1) Bahasa yang digunakan kurang menyapa (komunikatif), (2) penambahan ilustrasi dan contoh lebih bervariatif, (3) pertautan antarisi kurang serasi, (3) simpulan atau inferensi yang digunakan kurang jelas, lebih dipertegas lagi, (4) isi (materi) lebih dikhususkan pada ciri khas cerita anak (sastra anak) pada keseluruhan aspek bahasan, dan (5) penambahan bab terakhir (bagian 4) untuk mengungkapkan bagaimana pengarang dalam menyampaikan pesan moral.

Simpulan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan buku referensi sastra anak yang berjudul Pengantar Teori Sastra Anak. Produk yang dikembangankan menunjukkan bahwa produk masuk dalam kualifikasi layak untuk diimplementasikan. Produk yang dikembangkan menekankan pada bahasan aspek cerita dan puisi berdasarkan unsur pembangunnya. Pembahasan ini dipilih karena cerita dan puisi menjadi salah dua ragam sastra anak yang populer dikalangan anak-anak, sehingga keberadaannya pun tidak bisa dinafikan. Baik cerita maupun puisi, keduanya memberikan hiburan dan pengalaman yang kompleks. Buku ini juga memberikan penjelasan tentang unsur budaya dalam sastra anak. Penambahan unsur budaya untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia sejak dini. Selain itu, memberikan pengetahuan tentang berbagai nilai kearifan lokal yang dapat dijadikan teladan bagi kehidupan mereka. Alih-alih hal ini menjadi pembeda dengan buku tentang sastra anak yang lain.

Produk hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif bahan rujukan, baik dalam bidang kajian maupun perkuliahan. Pemanfaatan produk ini dapat memberikan wawasan tentang sastra anak, unsur pembangun cerita dan puisi anak, dan unsur budaya dalam sastra anak.