SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Struktur Cerita Asal-Usul Desa Pagerwojo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung

aning kholifatul ummi

Abstrak


Cerita asal-usul Desa Pagerwojo merupakan cerita lisan milik masyarakat Desa Pagerwojo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Cerita lisan masyarakat Pagerwojo tersebut merupakan bagian budaya yang diturunkan oleh nenek moyang Desa Pagerwojo. Dalam masyarakat Desa Pagerwojo mbah Gladak Mandelo dipercaya sebagai orang yang berjasa dalam terbentukanya Desa Pagerwojo. Hal tersebut dikenali dari simbol yang terdapat di Desa Pagerwojo. yakni pakuwojo. Berdasarkan isi cerita dan pengakuan masyarakat Desa Pagerwojo terdapat hubungan antara simbol pakuwojo dan nama Desa Pagerwojo. Penelitian ini secara rinci bertujuan untuk membentuk dan mendeskripsikan struktur cerita asal-usul Desa Pagerwojo dengan pendekatan kualitatif berdasarkan teori struktur antropologi Claude Levi Straus.

Dengan pendekatan dan teori tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Struktur cerita asal-usul Desa Pagerwojo  ada 3 miteme, 6 ceriteme dan 5 episode cerita. Miteme pada cerita asal-usul Desa Pagerwojo ditemukan yaitu mbah Gladak Mandelo, Singo Gebyong dan Moyogati, serta Karni. Ceriteme pada cerita asal-usul Desa Pagerwojo yaitu babat alas pijek, rombongan dari Ponorogo, simbol pakuwojo, membuka pasar, kepercayaan dan keyakinan, kecamatan Pagerwojo. Episode cerita yang terbangun dalam cerita asal-usul Desa Pagerwojo meliputi babat alas desa Pagerwojo Desa Pagerwojo, simbol perlindungan, pengenalan ekonomi kepada masyarakat Desa Pagerwojo, pengenalan agama, pengetahuan sistem pemerintahan.

Pertama, miteme merupakan bentuk relasi kata dalam kalimat yang dapat ditandai dengan tindakan yang dialami oleh tokoh. Hal tersebut dapat dilihat pada tokoh sentral dan tokoh bawahan. Kedua, ceriteme merupakan relasi antar kata yang membangun ide kalimat. Hal tersebut terlihat dari relasi antar kalimat yang terdapat dalam paragraf. Ceriteme tersebut dapat dibangun dari segmen cerita. Ketiga, episode dalam cerita asal-usul Desa Pagerwojo mengenai peristiwa awal pembukaan lahan Desa Pagerwojo. episode ini merupakan bentuk penjelasan simbolik masyarakat Pagerwojo untuk menjelaskan sejarah adanya Desa Pagerwojo. Episode cerita asal-usul Desa Pagerwojo ini dapat ditemukan dalam alur cerita.

 

Berdasarkan pengungkapan stuktur cerita asal-usul Desa Pagerwojo dapat dijadikan acuan untuk membangun makna dalam sebuah cerita. Berdasarkan cerita asal-usul Desa Pagerwojo nenek moyang terdahulu ingin menunjukan makna dan nilai yang terkandung dalam setiap pemikiran orang jawa zaman dahulu. Jadi, keseluruhan cerita asal-usul cerita Desa Pagerwojo diharapkan untuk masyarakat Desa Pagerwojo agar lebih memaknai sastra lisan yang dimilikinya, serta menjaga dan melestarikan keberadaan cerita asal-usul Desa Pagerwojo di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.