SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tuturan Direktif dalam Serial ‘The East’ NET. Periode Januari 2016

Moh. Arief Rohman Hakim

Abstrak


ABSTRAK

 

Hakim, Moh. Arief. R. 2016. Tuturan Direktif dalam Serial ‘The East’ NET. Periode Januari 2016. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indondesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (II) Dr. Nurchasanah, M.Pd.

 

Kata Kunci:‘The East’ NET., tuturan direktif, bentuk tuturan direktif, strategi penuturan direktif, dan maksud tuturan direktif.

 

Tuturan direktif merupakan tuturan yang dimaksudkan penuturnya agar mitra tutur melakukan tindakan sesuai apa yang disebutkan di dalam tuturannya. Tuturan direktif dalam serial ‘The East’ NET. menjadi menarik karena tuturan dalam serial ini diciptakan oleh skenario untuk menciptakan humor bagi penonton. Secara umum, penyampaian humor ada dua macam, yakni secara eksplisit dan implisit. Pada program ‘The East’ NET., penyampaian humor dilakukan dengan cara implisit. Maksudnya, penyampaian humor dilakukan tidak terang-terangan. Humor tersebut terkandung dalam tuturan aktor dan aktris ‘The East’ NET.. Dengan demikian, terdapat tuturan pragmatis yang kuat dalam tiap komunikasi pemain ‘The East’ NET. Selain itu, program ‘The East’ merupakan sebuah program baru di dunia televisi yang menampilkan situasi di balik layar pelaku dunia broadcast. Dengan menyaksikan program ‘The East’, penonton dapat berpikir terkait tuturan yang diujarkan aktor dan aktris ‘The East’ NET. untuk memahami maksud yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penuturan direktif, strategi dan maksud tuturan yang digunakan dalam serial ‘The East’ NET..

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan rancangan teori tindak tutur. Sumber data yang digunakan yaitu rekaman tayangan, interkasi antara penutur dan mitra tutur, dan konteks tuturan. Ada empat data yang berupa tuturan direktif hasil transkrip serial ‘The East’ NET., yakni bentuk tuturan, strategi penuturan, maksud tuturan, serta konteks tuturan yang melatarbelakangi tuturan. Penelitian ini merupakan penelitian teks, sebab peneliti tidak terlibat langsung di lapangan dan hanya mengubah data verbal menjadi data tulis. Analisis data dilakukan dengan pengidentifikasia data, pengklasifikasian data, pengodean data, penafsiran data, penyimpulan hasil penelitian, dan pengecekan keabsahan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam bentuk tuturan direktif, yaitu permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, dan anjuran digunakan oleh aktor dan aktris dalam serial ‘The East’. Tuturan direktif permintaan digunakan untuk meminta mitra tutur melalakukan sesuatu yang disebut dalam tuturan. Penggunaan direktif permintaan dapat berupa ajakan kepada mitra tutur, penggunaan penanda minta atau tolong, atau penggunaan kata kerja. Pada penggunaan kata kerja dalam direktif permintaan, peneliti melihat situasi peristiwa tuturannya dan intonasi yang digunakan penutur, agar tidak diidentifikasi sebagai tuturan direktif perintah. Tuturan direktif pertanyaan digunakan oleh aktor dan aktris ‘The East’ NET. untuk meminta suatu informasi dari mitra tutur. Ada tida macam pola yang digunakan aktor dan aktris ‘The East’ NET. ketika menginginkan suatu informasi dari mitra tuturnya. Pola pertama menggunakan pola intonasi kalimat tanya, pola kedua menggunakan partikel –kah, dan pola ketiga memanfaatkan kata tanya. Sementara itu, tuturan direktif perintah, banyak dituturkan oleh penutur yang memiliki jabatan yang lebih tinggi dari mitra tutur. Begitu pula dengan direktif larangan dan direktif pemberian izin yang juga banyak digunakan oleh penutur yang memiliki jabatan yang lebih tinggi. Meskipun begitu, apa pula tuturan direktif perintah, larangan, dan pemberian izin yang tidak dituturkan oleh penutur yang memiliki jabatan lebih tinggi dari mitra tutur.

Terdapat dua stategi penuturan dalam serial The East ‘NET’, yaitu strategi penuturan langsung, dan strategi penuturan tidak langsung. Strategi penuturan langsung merupakan strategi yang mayoritas digunakan dalam serial ‘The East’ NET.. Strategi penuturan langsung menunjukkan sering kali aktor dan aktris ‘The East’ NET. mengekspresikan maksud tuturannya secara langsung kepada mitra tutur. Meskipun begitu terdapat beberapa penggunaan strategi tidak langsung yang sering kali digunakan oleh penutur yang memiliki jabatan lebih tinggi untuk memerintahkan mitra tuturnya dengan model penghalusan. Kemudian, maksud tuturan literal adalah bentuk yang mayoritas digunakan dalam serial ‘The East’ NET.. Hal ini dimaksudkan agar mitra tutur mudah memahami makna yang terkandung dalam tuturan penutur. Hanya sedikit aktor dan aktris ‘The East’ NET. menggunakan tuturan tidak literal. Tuturan tidak literal banyak digunakan oleh penutur yang memiliki jabatan lebih tinggi kepada mitra tuturnya.

Berdasarkan pemaparan bentuk tuturan, strategi, dan maksud tuturan dalam serial ‘The East’ NET. diharapkan dapat memberi manfaat kepada pihak-pihak terkait, yaitu bagi penonton, dapat menjadi sumber informasi dan pengetahuan bahwa serial ‘The East’ NET. tidak hanya menghibur, tetapi memberikan informasi pengetahuan seputar pragmatik; bagi peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan acuan awal untuk penelitian selanjutnya; bagi aktor dan aktris yang memerankan tokoh dalam serial ‘The East’ NET., dapat menjadi bahan pertimbangan ketika memerankan tokoh dalam serial ‘The East’ NET. untuk mengekspresikan keinginan terhadap lawan main melalui tuturan.