SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menyusun Teks Eksposisi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Juventi Permana Putri

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Juventi Permana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Menyusun Teks Eksposisi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Anang Santoso, M.Pd, (II) Dr. Roekhan, M.Pd.

Kata Kunci: bahan ajar, teks eksposisi, menyusun teks eksposisi

 Pengembangan Kurikulum 2013 termasuk dalam strategi untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Orientasi Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek yang harus dikuasai oleh siswa. Tiga aspek tersebut yaitu aspek sikap, yang mencakup sikap spiritual dan sikap sosial, aspek keterampilan, dan aspek pengetahuan. Teks eksposisi merupakan salah satu teks yang dianggap mampu menjadi sarana untuk mengembangkan tiga aspek yang harus dimiliki siswa sesuai dengan orientasi Kurikulum 2013. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran ditentukan oleh proses pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan oleh guru. Masalah yang sering timbul pada saat proses pembelajaran adalah siswa merasa kesulitan memahami teks yang dijadikan contoh pada bahan ajar utama yaitu buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Selain itu, pada saat siswa menyusun teks eksposisi tidak begitu memperhatikan struktur teks dan ciri teks eksposisi. Tidak hanya struktur dan ciri teks eksposisi, siswa juga kurang memperhatikan bagaimana menulis kalimat dan paragraf dengan baik. Berdasarkan masalah tersebut, maka diperlukan penelitian dan pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran teks eksposisi terutama pada kegiatan menyusun teks eksposisi.

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar menyusun teks eksposisi untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang telah teruji kelayakannya dan mampu membantu guru menyampaikan materi menyusun teks eksposisi serta dapat memudahkan siswa kelas VII untuk menyusun teks eksposisi. Selain itu, tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan deskripsi hasil uji kelayakan pengembangan bahan ajar menyusun teks eksposisi kelas VII SMP/MTs.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Rancangan penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Model tersebut merupakan model penelitian dan pengembangan prosedural dan harus dilakukan secara berurutan. Jenis data yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif yang berupa hasil uji validasi ahli dan uji lapangan serta data kualitatif yang dihasilkan dari data verbal berupa komentar, saran, dan kritik.

Pengembangan bahan ajar menyusun teks eksposisi ini melibatkan tiga validator ahli untuk menguji apakah bahan ajar layak digunakan atau tidak. Tiga validator tersebut adalah (1) Dr. Nita Widiati, M.Pd sebagai ahli materi dan isi, (2) Dr. Hj. Siti Cholisatul Hamidah sebagai ahli kebahasaan, dan (3) Dr. Nurhadi, M.Pd sebagai ahli penyusunan bahan ajar. Dari angket model check list  yang diisi oleh tiga validator ahli menghasilkan kelayakan bahan ajar yang disertai komentar, saran, dan kritik yang dijadikan acuan untuk menyempurnakan bahan ajar. Hasil uji validasi untuk kelayakan bahan ajar dari ahli materi dan isi


mendapatkan skor 91,7% dari skor maksimal 100%.  Hasil uji validasi untuk kelayakan bahan ajar dari ahli kebahasaan mendapatkan skor 75% dari skor maksimal 100%. Hasil uji validasi untuk kelayakan bahan ajar dari ahli penyusunan bahan ajar mendapatkan skor 86,7% dari skor maksimal 100%. Berdasarkan komentar, saran, dan kritik dari validator ahli maka dilakukan revisi produk awal dan menghasilkan bahan ajar yang akan diujikan dalam uji coba lapangan.

Uji coba lapangan melibatkan 20 siswa kelas VII SMP Negeri 25 Malang dan satu guru bahasa Indonesia SMP Negeri 25 Malang, Dra. Darsih. Uji coba tersebut dilakukan untuk mengetahui kemenarikan dan efektivitas penggunaan bahan ajar menyusun teks eksposisi yang telah dikembangkan. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia SMP Negeri 25 Malang dengan menggunakan angket model check listmendapatkan skor 86,6% dari skor maksimal 100%. Hasil uji lapangan dengan 20 siswa kelas VII SMP Negeri 25 Malang dari angket tertutup dengan model pertanyaan yang dijawab “Ya” atau “Tidak” mendapatkan skor 87,7% dari skor maksimal 100%. Selain itu, terdapat juga data berupa komentar, saran, dan kritik yang digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki bahan ajar. Perbaikan produk akhir bahan ajar menyusun teks eksposisi tidak hanya didasarkan pada hasil uji coba lapangan. Selain itu, juga terdapat beberapa catatan dan tambahan dari dosen pembimbing untuk menyempurnakan produk bahan ajar.

Simpulan penelitian pengembangan ini adalah produk bahan ajar yang dikembangkan berupa buku teks berjudul Ayo Belajar Menyusun Teks Eksposisi yang telah diuji kelayakannya oleh validator ahli dan telah diujikan kepada guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 25 Malang. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan menggunakan bahan ajar ini pada pembelajaran menulis teks eksposisi. Siswa disarankan memanfaatkan bahan ajar ini dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan memperhatikan petunjuk atau perintah kerja pada buku. Pengembang lain disarankan untuk menggunakan buku ini sebagai referensi untuk mengembangkan materi yang belum ada pada buku ini. Selanjutnya, produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan dipublikasikan dalam jurnal penelitian.