SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Baca terhadap Kreativitas Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Lawang

Muhamad Adam Muttaqin

Abstrak


Pada pembelajaran bahasa Indonesia, kecenderungan minat baca akan berpengaruh pada kempuan siswa dalam menulis. Menulis merupakan bagian dari proses berpikir yang menuangkan segala bentuk kreativitas dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap  kreativitas siswa dalam menulis cerpen.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif inferensial. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Lawang sebanyak 310 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampling purposiv. Sampel yang diambil adalah kelas XI IBB, XI MIA 3, dan XI IIS 1 dengan jumlah 91 siswa. Pengumpulan data minat baca menggunakan instrumen angket, sedangkan kreativitas menulis cerpen, menggunakan cerpen karya siswa yang kemudian dianalisis menggunakan rubrik penilaian. Uji validitas angket dilakukan dengan uji ahli dan ujicoba pada siswa di luar sampel. Penghitungan validitas angket hasil uji coba menggunakan bantuan program SPSS 17 for Windows dengan rumus Pearson correlations product moment. Semua soal dinyataka valid karena Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan taraf kesalahan 5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca berpengaruh signifikan terhadap kreativitas isi cerpen dan kreativitas menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Lawang. Kreativitas isi mencakup tema, tokoh dan penokohan, dan alur. Kreativitas bahasa mencakup diksi, kalimat, dan majas. Minat baca diprediksi mempunyai pengaruh sebesar 13,6% terhadap kreativitas isi, 4% terhadap kreativitas tema, 9,3% terhadap kreativitas tokoh dan penokohan, 6% terhadap kreativitas alur, dan 15,5% terhadap kreativitas menulis cerpen secara keseluruhan. Sisa persentasenya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel x (minat baca). Minat baca tidak berpengaruh signifikan terhadap kreativitas bahasa. kreativitas bahasa mencakup kreativitas diksi, kalimat, dan majas. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas bahasa yang mencakup kreativitas diksi, kalimat, dan majas dipengaruhi oleh individual siswa dan sosial masyarakat siswa.