SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Piranti Kohesi dalam Teks Berita Radar Malang

Nailah Fikriyah

Abstrak


Piranti kohesi merupakan salah satu bagian dari wacana yang ditandai dengan penggunaan unsur bahasa untuk menghubungkan bagian satu dengan bagian lain. Adanya piranti kohesi bertujuan memperoleh keserasian dalam suatu wacana dan menciptakan wacana yang koheren. Salah satu media informasi yang menggunakan piranti kohesi dalam penulisannya adalah surat kabar. Masyarakat banyak belajar atau mencontoh mengenai penulisan yang baik dan benar dari surat kabar, sebab mereka berpendapat bahwa surat kabar dalam penulisannya melalui proses edit yang dilakukan oleh tenaga berpendidikan dan mengerti mengenai kepenulisan yang benar. Berkaitan dengan hal tersebut penggunaan piranti kohesi hendaknya benar-benar menjadi perhatian bagi penulis atau pihak editor dari surat kabar, khususnya surat kabar Radar Malang yang banyak menjadi pilihan masyarakat untuk memperoleh informasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan piranti kohesi dalam teks berita Radar Malang berdasarkan fokus penelitian (1) wujud piranti kohesi dalam teks berita Radar Malang, dan (2) fungsi piranti kohesi dalam teks berita Radar Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi teks. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan surat kabar Radar Malang sebagai sumber data. Analisis data yang kemudian dilakukan meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Reduksi data yang dilakukan melalui kegiatan identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi. Penyajian data dilakukan dengan memaparkan hasil temuan yang disertai dengan alasan pengambilan data sesuai dengan teori yang digunakan. Selanjutnya, penarikan kesimpulan diperoleh melalui kegiatan menyimpulkan keseluruhan hasil analisis data yang telah dilakukan. Setelah ketiga proses tersebut telah dilaksanakan, maka proses selanjutnya adalah pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan dengan tiga teknik, yaitu (1) ketekunan pengamatan, (2) triangulasi, dan (3) pemerikasaan sejawat melalui diskusi.

Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan, diperoleh dua hasil penelitian. Pertama, dalam teks berita Radar Malang terdapat piranti kohesi gramatikal, yaitu (1) gramatikal referensi, (2) gramatikal subtitusi, dan (3) gramatikal konjungsi. Kedua, dalam teks berita Radar Malang terdapat piranti kohesi leksikal, yaitu (1) leksikal reiterasi, dan (2) leksikal kolokasi.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dikemukakan dua saran. Pertama, bagi pihak surat kabar disarankan lebih meningkatkan keragaman penggunaan piranti kohesi dalam teks berita. Sehingga, pembaca memperoleh pengetahuan berbagai macam piranti kohesi yang dapat digunakan. Kedua, peneliti selanjutnya sebaiknya tidak hanya melakukan penelitian mengenai piranti kohesi, tetapi juga mengenai koherensi. Sehingga, penelitian yang dilakukan akan lebih mendalam.