SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROBLEMATIKA PENULISAN TEKS BERITA REPORTER MAJALAH KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Rizky Imaniar Roesmanto

Abstrak


ABSTRAK

Roesmanto, Rizky Imaniar. 2016. Problematika Reporter dalam Penulisan Berita pada Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang. Skiripsi, Program Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd, (II) Drs. Pidekso Adi, M.Pd.

Kata Kunci: problematika menulis, tahapan menulis, teks berita

Problematika menulis teks berita jika didasarkan pada tahapan menulis terdiri atas prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Ketiga hal tersebut berkaitan dengan proses pembuatan berita. Majalah Komunikasi adalah bentuk kegiatan jurnalistik yang berdiri sebagai media informasi dan kajian masalah pendidikan, politik, ekonomi, agama, dan budaya yang berkaitan dengan seluruh sivitas akademik Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pada tahapan menulis berita yang dialami reporter Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data problematika diperoleh dari hasil pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD). Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti, sedangkan instrumen pendukung adalah panduan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD), pedoman kriteria kelayakan data, pedoman analisis serta pengodean data. Data penelitian ini berupa transkrip hasil pelaksanaan FGD bersama sumber data (kelima reporter) mengenai topik-topik yang telah ditentukan.

Analisis data dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Pertama, reduksi data dilakukan dengan menyeleksi data berdasarkan pedoman kelayakan data dan mengelompokkan data berdasarkan pedoman pengodean data. Kedua, penyajian data menggunakan tabel penyajian data berisi analisis berdasarkan rumusan masalah. Ketiga, kesimpulan dan verifikasi data berupa penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis data, kemudian melakukan verifikasi terhadap hasil analisis.

 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan sebagai berikut. Pertama, sebagian besar reporter Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang mengalami problematika prapenulisan berita di tahapan pencarian bahan penulisan. Problematika tersebut secara garis besar, yaitu sulitnya menemui narasumber, narasumber pasif, khawatir kekurangan bahan penulisan, malas mencari bahan penulisan, peristiwa yang tidak penting namun terpaksa untuk diangkat, tidak paham mengenai hal yang diangkat dalam berita, kesulitan membagi data, dan malu untuk wawancara. Kedua, sebagian besar reporter Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang mengalami problematika penulisan berita di tahapan pengembangan body. Problematika tersebut secara garis besar, yaitu rasa malas menulis berita, terlalu terpaku dengan teori penulisan berita, tidak bebas dan leluasa, kesulitan mengembangkan bahan berita, dan keraguan dalam menulis karena ketidakpahaman tentang penulisan berita dan kebahasaannya. Ketiga, sebagian besar reporter Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang mengalami problematika pascapenulisan berita di tahapan menyunting berita. Problematika tersebut secara garis besar, yaitu kesalahan penulisan, kurangnya wawasan tentang penulisan dan kebahasaan yang benar, terlalu memasrahkan pada editor dan dewan penyunting. Keempat,  ditemukan tiga temuan baru yang disimpulkan turut menjadi faktor adanya problematika pada proses penulisan berita. Ketiga temuan itu, di antaranya wawasan reporter di luar Jurusan Sastra Indonesia dapat disetarakan dengan reporter dari Jurusan Sastra Indonesia, keterbatasan mengembangkan bahan penulisan berita oleh beberapa reporter, dan Majalah Komunikasi yang menekankan space sebagai patokan dalam menulis berita.