SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA BUKU HARIAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MALANG

Dhita Pinatih

Abstrak


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dirancang berdasarkan interpretasi dan refleksi dari kegiatan studi pendahuluan. Siklus II atau siklus selanjutnya dirancang berdasarkan informasi dari siklus I atau siklus sebelumnya. Keputusan tentang berakhirnya suatu siklus bergantung pula pada kebutuhan lapangan. Penelitian ini dilakukan untuk (1) memaparkan peningkatan proses pembelajaran menulis cerpen dengan media buku harian pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang pada tahap (a) pratulis, (b) tulis, dan (c) pascatulis, (2) memaparkan peningkatan hasil menulis cerpen dengan media buku harian pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang pada subkemampuan mengembangkam (a) unsur tema, (b) unsur tokoh dan penokohan, (c) unsur latar, (d) unsur alur, dan unsur sudut pandang. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media buku harian dalam pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Malang.