SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Diksi dalam Teks Cerpen Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Malang

Eriska Puspita Santi

Abstrak


Dalam setiap kalimat, pemilihan kata perlu dilakukan agar gagasan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh orang lain. Pilihan kata erat hubungannya dengan kaidah sintaksis, makna, hubungan sosial, dan mengarang. Kaidah ini saling mendukung sehingga karangan atau tutur kata lebih bernilai. Dalam karangan, pemilihan kata terkadang tidak sesuai. Salah satu contohnya, pada kegiatan menulis siswa di sekolah. Hal tersebut menimbulkan permasalahan siswa dalam menulis karangan, terutama pada teks cerpen. Teks cerpen adalah cerita fiksi yang selesai dibaca dalam sekali duduk dan ceritanya mampu membangkitkan efek tertentu pada pembaca. Oleh karena itu, pemilihan kata dalam teks cerpen sangat mempengaruhi pesan moral yang mampu membangkitkan efek tertentu pada pembaca.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan diksi, meliputi (1) penggunaan makna denotatif dan konotatif, (2) penggunaan kata bersinonim, (3) penggunaan kata idiom, dan (4) penggunaan kata-kata indria.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian berupa analisis teks. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Malang. Data dalam penelitian ini adalah diksi pada teks cerpen. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui teknik metode penugasan menulis teks cerpen. Instrumen yang digunakan, yakni (1) peneliti sendiri dan (2) instrumen penugasan dan panduan analisis data. Prosedur analisis data yang dilakukan , meliputi (1) reduksi data (identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Setelah itu, proses yang dilakukan yakni pengecekan keabsahan.

Berdasarkan temuan penelitian, terdapat empat hasil penelitian. Pertama, penggunaan kata bermakna denotatif dan konotatif banyak ditemukan dalam teks cerpen siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang. Penggunaan kata bermakna denotatif dan konotatif tampak berimbang dalam setiap teks cerpen. Kedua, penggunaan kata sinonim memberikan variasi kata dalam teks cerpen sehingga cerita tidak membosankan. Ketiga, ditemukan dua jenis idiom, yakni idiom penuh dan idiom sebagian. Penggunaaan dua jenis idiom ini tampak berimbang dalam beberapa teks cerpen. Keempat, penggunaan kata-kata indria memberikan penguatan efek kepada pembaca sehingga efek yang ditampilkan akan terlihat nyata dalam cerita teks cerpen.

Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan tiga saran. Pertama, bagi guru bahasa Indonesia yang akan menggunakan sebagai acuan mengajarkan siswa agar lebih meningkatkan dan memperhatikan siswa dalam penggunaan diksi yang tepat dan sesuai dalam karangan, khususnya teks cerpen. Kedua, bagi siswa agar lebih teliti dalam menggunakan diksi pada karangan, khususnya teks cerpen. Ketiga, peneliti selanjutnya yang akan mengadakan penelitian sejenis agar melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam.