SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Definisi pada Siswa Kelas V SDN Ampelgading 01

yashinta laras wilujeng

Abstrak


Kemampuan menulis puisi bagi siswa sekolah dasar sangat penting agar siswa mampu mengekspresikan apa yang mereka pikirkan dan menggali kreativitas mereka dalam menciptakan karya sastra. Dengan penggunaan teknik yang tepat, maka akan menciptakan karya yang bagus dan menarik.

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik definisi pada siswa kelas V SDN Ampelgading 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ampelgading 01 berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dalam proses penelitian digunakan dua siklus yang menjadi acuan peneliti untuk membuktikan peningkatan kualitas karya puisi siswa. Siklus I bertujuan mengenalkan penulisan puisi dengan menggunakan teknik definisi secara berkelompok. Sedangkan Siklus II menjadi acuan peneliti untuk menguatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menulis puisi menggunakan teknik definisi secara individu.

Hasil penelitian kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik definisi pada siswa yaitu siswa mampu menentukan tema sesuai dengan benda yang diamati, menggunakan diksi yang tepat, mampu menggunakan majas dengan baik, mengembangkan kata-kata yang telah ditemukan menjadi sebuah puisi, mudah merangkai kata menjadi sebuah puisi yang utuh dan menarik.Dengan adanya teknik definisi, hasil menulis puisi siswa meningkat dari Siklus I ke II.